Mata Kuliah (Subject)           : Jaringan Telekomunikasi

Kode Mata Kuliah (Code)    : 1601A042

Jumlah sks (credits)             : 4 sks

Semester (Semester)            : 4


Mata kuliah ini membahas tentang sistem telekomunikasi analog dan digital secara umum yang mencakup arsitektur jaringan telekomunikasi, komponen penyusun jaringan telekomunikasi, teknologi pemrosesan sinyal/informasi (analog/digital modulation, line coding, error control coding, teknik enkripsi data), dan parameter kinerja jaringan telekomunikasi. Pemahaman dan ketrampilan praktis mahasiswa akan jaringan telekomunikasi juga dibentuk melalui pembahasan sistem teleponi sebagai contoh jaringan telekomunikasi riil. Pembahasan ini mencakup jaringan telepon (jarlokat/jarlokaf), sentral telepon, sistem penomoran, dan praktek pemrograman PABX untuk jaringan teleponi dasar.

 

Mata kuliah ini termasuk mata kuliah dasar (core course) yang merupakan dasar atau prasyarat dari beberapa mata kuliah di atasnya, terutama mata kuliah yang berhubungan dengan jaringan telekomunikasi yang lebih spesifik seperti Jaringan Komunikasi Nirkabel, Jaringan Komunikasi Satelit, Jaringan Komunikasi Optik, dan Jaringan Komputer.

 

Maksud dari mata kuliah ini adalah untuk memberikan gambaran dasar secara detail dari sebuah sistem telekomunikasi mulai dari jaringan fisik dan teknologi pemrosesan informasinya. Cakupan dari mata kuliah ini adalah pengetahuan dan pemahaman konsep, kemampuan analisa, desain, implementasi dan pengukuran yang berkaitan dengan jaringan telekomunikasi.



Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Menjelaskan dan menggambarkan diagram blok sistem telekomunikasi secara umum dengan semua komponen pendukungnya.
  2. Menjelaskan konsep modulasi dan membandingkan kinerja teknik modulasi analog (AM, SSB, DSB dan FM) dan modulasi digital (HDB3, AMI, RZ / NRZ,  ASK, PSK, FSK dan quadrature modulation) dari sisi daya, bandwidth dan kapasitas transmisinya
  3. Menjelaskan teknik-teknik basic multiple access (FDMA, TDMA, CDMA, PDMA dan SDMA), error control coding (parity bit, Hamming, BCH, RS, CRC), dan teknik dasar enkripsi data.
  4. Menjelaskan konsep dasar trafik teleponi dan melakukan estimasi/perkiraan trafik teleponi
  5. Menjelaskan dan menggambarkan jaringan teleponi mulai dari local loop, DP, RK, MDF sampai sentral dan menganalisa teknik pensinyalan dasar (on-hook/off-hook, dialed number, ringing tone, ring back tone, busy tone)
  6. Mendemonstrasikan perencanaan, implementasi, dan pengukuran kinerja dan perawatan jaringan teleponi berbasis PABX