Site news

Tips untuk aktivasi account ULS

 
Picture of Administrator PPKP
Tips untuk aktivasi account ULS
by Administrator PPKP - Tuesday, 6 October 2015, 9:19 AM
 

Dear ULSers,

Proses aktivasi account ULS itu mudah. Anda hanya memerlukan tidak sampai 15 menit untuk aktivasi account Anda di ULS. Data yang Anda perlukan hanyalah username dan password yang Anda gunakan untuk mengakses myUBAYA dan alamat e-mail Gooaya Anda. Namun, seringkali, proses aktivasi yang dilakukan, tidak sesuai dengan petunjuk aktivasi yang dapat diakses melalui Tutorial ULS pada Quick Links, sehingga Anda akan selalu "digiring" ke bagian Update Profile. Selain itu, masalah lain yang mungkin muncul pada saat aktivasi adalah tertundanya confirmation e-mail karena batasan dari mail server yang digunakan oleh ULS. Jika ULS menggunakan google mail server, maka ULS hanya dapat mengirimkan e-mail maksimal 200 mail secara total per hari (misalnya: e-mail untuk forum diskusi, notifications, fitur send message, confirmation e-mails, dan sebagainya.). Jika lebih dari itu, maka mail account ULS akan diblokir. Oleh karena itu, kejadian tertundanya confirmation e-mails pada minggu ke-7 perkuliahan lalu disebabkan adanya banyak user yang ingin melakukan aktivasi account ULS dalam satu waktu setelah "terdesak" harus submit tugas dan kuis online.

PPKP sebenarnya telah berusaha mengantisipasi kejadian ini dengan melakukan sosialisasi khusus kepada mahasiswa baru angkatan 2015 pada event MOB bulan Agustus lalu dan memberikan himbauan agar mahasiswa baru mengaktivasi account ULS sebelum perkuliahan dimulai. Namun, hanya sebagian kecil saja yang telah mengaktivasi account ULS sebelum perkuliahan dimulai. Puncaknya, pada minggu ke-7 perkuliahan, terjadi proses aktivasi account ULS secara besar-besaran yang mengakibatkan banyak confirmation e-mails yang tertunda.

Oleh karena itu, tips berikut ini diharapkan dapat membantu Anda dalam proses aktivasi account ULS yang hanya perlu Anda lakukan sekali di awal akses ULS:

  • Pastikan Anda telah melihat video tutorial tentang cara mengaktivasi account ULS. Sekali lagi diinformasikan, video tutorial tersebut dapat Anda akses melalui link Tutorial ULS pada Quick Links di halaman depan ULS.
  • Pastikan Anda melakukan aktivasi account ULS dengan cara yang tepat, seperti yang dicontohkan pada video tutorial tentang cara mengaktivasi account ULS.
  • Lakukan aktivasi segera, jangan menunggu "detik-detik" terakhir menjelang submit tugas dan kuis online untuk menghindari masalah tertundanya confirmation e-mail.
  • Jika Anda telah mengikuti ketiga tips tersebut dan masih belum berhasil aktivasi account ULS, segera menghubungi tim ULS Support melalui e-mail ke elearning@unit.ubaya.ac.id dengan menuliskan detil kronologis yang telah dilakukan (jika ada screenshot akan lebih membantu untuk proses troubleshooting). Ikuti petunjuk yang diberikan oleh tim ULS Support.

Dengan empat tips tersebut, Anda akan dapat mengaktivasi account ULS Anda dengan lancar. Semoga membantu.

Salam,
Administrator PPKP.