1804B014 Estetika
Kuliah ini membahas mengenai aspek estetika dalam desain komunikasi visual. Kuliah ini mencakup sejarah estetika, konsep dasar estetika, serta kajian mengenai estetika dalam desain komunikasi visual yang dikaitkan dengan konteks waktu, sosial, dan budaya.
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CMPK) ini mengacu pada Taksonomi Bloom, antara lain mahaiswa memahami konsep dasar estetika (C2), mahasiswa menerapkan konsep estetika dalam proses Desain Komunikasi Visual (C3), dan mahasiswa mampu menganalisis karya Desain Komunikasi Visual menggunakan konsep estetika (C4).
Pengetahuan Awal
Tidak ada
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- SACHARI, Agus, et al..(2002).Estetika.Penerbit ITB.ISBN 9799299721.
- KARTIKA, Dharsono Sony, et al..(2004).Pengantar Estetika.Rekayasa Sains.ISBN 979974783X.
- , , et al..(2011).Estetika..ISBN 979-98484-0-7.
- Agung, Lingga, et al..(0).Estetika..ISBN 9789792153415.
- Innis, Robert E., et al..(2022).Dimensions of Aesthetic Encounters..ISBN 9781438488257.
- Hilgers, Thomas, et al..(2017).Aesthetic Disinterestedness..ISBN 978-1-138-90500-9.
1804B013 Kreativitas
Kreativitas adalah mata kuliah yang memberikan pemahaman tentang arti pentingnya ide yang kreatif sebagai dasar dalam studi desain pada umumnya dan dalam Desain Komunikasi Visual pada khususnya. Selain itu diberikan juga pemahaman tentang aplikasi cara berpikir “out of the box” baik dilakukan secara team maupun individu. Mata kuliah ini memberikan pengenalan proses kreasi melalui penggalian kreativitas yang ada dalam diri tiap manusia, bagaimana cara menggali kreativitas agar muncul ide-ide yang lebih banyak dengan berbagai cara atau metode serta cara mengapresiasi bentuk, perasaan, perilaku manusia, makhluk hidup atau benda yang di sekitar manusia yang dapat dijadikan sebagai sumber aspirasi ide kreatif.
Capaian Pembelajaran
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- BONO, Edward de, et al..(1990).Lateral Thinking : Creativity Step by Step.Harper Row.ISBN 0060903252.
- Chan, Chiu-Shui, et al..(2015).Style and Creativity in Design..ISBN 9783319140162.
1804B012 Monochromatic Drawing
Mata kuliah Monochromatic Drawing memberikan pemahaman mengenai pentingnya menguasai teknik dasar menggambar objek sebagai dasar dalam studi desain pada umumnya dan dalam studi desain komunikasi visual pada khususnya. Monochromatic Drawing menjadi mata kuliah dasar untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menggambar bentuk hitam putih secara manual dengan menerapkan teknik dasar menggambar yang benar berdasarkan prinsip dan unsur rupa, sehingga mahasiswa dapat mengkomunikasikan ide secara visual melalui media gambar hitam putih, sekaligus sebagai dasar dalam proses desain komunikasi visual dimana mereka diharapkan mampu menghasilkan bentukan-bentukan yang sesuai dengan proporsi dan kegunaannya.
Capaian Pembelajaran
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
1804B011 Basic of Art
Mata kuliah ini merupakan dasar dari proses mendesain. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari unsur-unsur desain yang juga disebut sebagai unsur rupa yang terdiri dari titik, garis, bidang, ruang, warna, dan tekstur. Selain itu, pada mata kuliah ini, mahasiswa juga akan mempelajari prinsip-prinsip dalam mendesain dan menata unsur rupa, di antara dengan memperhatikan kesatuan bentuk, harmony bentuk, ragam perubahan bentuk, teori kombinasi warna, aksentuasi, dominasi, proporsi, balance, arah, gerak, dan irama. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman teknik dalam pembuatan dan penataan unsur rupa yang difokuskan pada bentuk dua dimensi (dwimatra atau patra) dan dua dimensi bertekstur. Media yang digunakan dalam mata kuliah adalah dengan menggunakan kertas gambar tebal dan cat poster yang berfungsi untuk melatih kepekaan mahasiswa warna, kerapian dalam membuat garis, dan memperhatikan detail-detail kecil. Adapun proses ini akan menjadi dasar berpikir mahasiswa untuk membuat bentuk dan mengeksekusi bentuk di mata kuliah Desain Komunikasi Visual pada semester selanjutnya. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga terdapat pengembangan soft skill dalam manajemen diri karena terdapat tugas mingguan, tugas besar, dan kelas mandiri bersama asisten. Dalam proses belajar mengajar juga akan dikembangkan soft skill bekerja sama dalam tim terkait tugas kelompok. Dalam kegiatan mempresentasikan tugas akan mengembangkan soft skill mahasiswa dalam kemampuan berkomunikasi, serta meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Proses pembelajaran dalam mata kuliah : Fokus dalam pembelajaran ini adalah Project Based Learning. Metode penyampaian yang digunakan adalah dengan menggunakan case study.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip desain untuk diaplikasikan dalam proses desain komunikasi visual yang ditunjang dengan narasi visual; mengerti proses produksi media komunikasi visual, memahami cara penggunaan perangkat dan teknologi yang relevan dalam proses desain meliputi pengolahan audio dan visual; dan mampu mempresentasikan proses desain komunikasi visual dalam bentuk laporan desain dan visualisasi karya CP 3 : Menjelaskan prinsip desain untuk diaplikasikan dalam proses desain komunikasi visual yang ditunjang dengan narasi visual. CP 5 : Mengerti proses produksi media komunikasi visual, memahami cara penggunaan perangkat dan teknologi yang relevan dalam proses desain meliputi pengolahan audio dan visual. CP 10 : Mampu mempresentasikan proses desain komunikasi visual dalam bentuk laporan desain dan visualisasi karya.
Pengetahuan Awal
Tidak ada prasyarat
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- IRAWAN, Bambang, et al..(2013).Dasar-Dasar Desain.Penebar Swadaya.ISBN 9789796612130.
- Wilde, Richard, et al..(1986).Problems, Solutions..ISBN 0442291825.
1804Z013 Literasi Digital
Capaian Pembelajaran
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
1804Z014 Communicative English
Capaian Pembelajaran
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
1804Z012 Manusia dan Pengembangan Diri
Mata kuliah ini meletakkan dasar pengembangan karakter (6C’s) dan kompetensi soft-skill yang sesuai dengan profil generik UBAYA. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa dapat menginternalisasi konsep-konsep teoritis dan praktis terkait karakteristik kemanusiaan yang diperlukan dalam berkehidupan sosial, seperti, beretika, berkomunikasi, menyesuaikan diri, berkolaborasi, fleksibilitas, berpikir kritis, kreatif, dan hidup dalam keberagaman. Konsep-konsep ini sesuai dengan budaya organisasi UBAYA, yaitu: UBAYA (kesanggupan), alis volat propriis (terbang dengan sayap sendiri), pacta sunt servanda (memegang teguh prinsip memenuhi janji), ko-opetisi (kerja sama profesional), caring community (peduli terhadap sesama), dan learning organization (terus menerus belajar untuk dapat merespons dinamika perubahan). Selain itu, melalui mata kuliah ini, mahasiswa belajar untuk merencanakan masa depannya.