Martikulasi
Lama matrikulasi kurang lebih 14 hari dengan pertemuan yang dilakukan di pagi hingga sore hari.
14051102 Bahasa Inggris Akademik
uji coba revisi
Capaian Pembelajaran
Pengetahuan Awal
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
14990607 Manajemen Kompetensi dan Kinerja
Matakuliah Manajemen Kompetensi & Kinerja diberikan agar mahasiswa mampu melakukan asesmen perilaku dengan metode observasi dan wawancara terutama terkait dengan pekerjaan yang dilakukan oleh para job-ho/der, untuk menentukan tugas-tugas pokok sampai dengan kompetensi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas pokok tersebut. Ada tujuh tahapan yang akan dipenuhi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan matakuliah ini, yaitu :
1. Melakukan review job-description
2. Identifikasi indikator kinerja
3. Identifikasi kompetensi kinerja
4. Penetapan competency levelling
5. Penetapan job competency profile
6. Competency assesment
7. Penetapan training and development matrix
Capaian Pembelajaran
1. Mahasiswa dapat mengetahui proses pembuatan flow-chart.
2. Mahasiswa dapat menterjemahkan steps of works dalam bentuk flow chart.
3. Mahasiswa dapat menentukan standar minimal yang harus dimiliki oleh job-ho/der ci setiap kompetensi yang dipersyaratkan.
Pengetahuan Awal
-
Referensi Umum
- Hasil pembuatan steps of works dari proses review job description (yang sudah diverifikasi).
Simbol fow-chart secara sederhana serta pengertiannya.
Contoh flow-chart.
(3825) - LOMA,s Competency Dictionary. 1998. In Hitt, Michael A., R. Edward Freeman and Jeffrey S. Harrison(2006); the Blackwell handbook of strategic management.
Spencer, L., & Spencer, S. (1993). Competence at work. New York: John Wiley & Sons.
(3824) - Spencer, L.M,. & Spencer, S.M. (1993). Competence at work: Models for superior performance. John Wiley & sons
(3826)
Referensi Buku Pustaka
14993501 Desain Pelatihan dan Pengembangan
Mata kuliah ini memberikan pemahaman komprehensif mengenai Desain Pelatihan dan Pengembangan dalam konteks organisasi. Peserta akan mempelajari konsep dasar pelatihan, prinsip-prinsip desain pelatihan yang efektif, berbagai metode pelatihan yang dapat diterapkan, serta tahapan pelaksanaan dan evaluasi pelatihan. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas tren dan isu terkini dalam dunia pelatihan.
Melalui serangkaian tugas dan termasuk tugas besar project pelatihan, peserta akan mengembangkan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pelatihan. Selain itu, mereka juga didorong untuk mengeksplorasi metode pelatihan alternatif, termasuk pembelajaran online dan metode non-klasikal lainnya.
Capaian Pembelajaran
Peserta mampu mendesain, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi suatu program pelatihan tatap muka berdasarkan needs analysis pada suatu organisasi dengan menggunakan framework ADDIE.
Pengetahuan Awal
Diharapkan calon peserta telah memiliki pengetahuan awal terkait:
- fungsi manajemen (planning, organising, motivating, controlling)
- fungsi bisnis (marketing, operation, human resource, finance, dan fungsi pendukung lain) dan strategic management)
- teori belajar (learning theories)
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- Stolovitch, Harold D., et al..(2011).Telling Ain't Training, 2nd edition..ISBN 9781562867010.
- Stolovitch, Harold D., et al..(2004).Training Ain't Performance..ISBN 9781562863678.
- Thalheimer, Will, et al..(2022).Performance Focused Learner Surveys..ISBN 9781941577035.
- Kirkpatrick, James D., et al..(2016).Kirkpatrick's Four Levels of Training Evaluation..ISBN 9781607280088.
- Morrison, Gary R., et al..(2012).Designing Effective Instruction..ISBN 9781118359990.
- Robinson, Dana Gaines, et al..(2015).Performance Consulting..ISBN 9781626562295.
- Branch, Robert Maribe, et al..(2014).Instructional Design: The ADDIE Approach..ISBN 9781489984234.
14993401 Proposal Tesis
Mata kuliah ini membahas tentang proposal tesis yang meliputi pemilihan topik, penyusunan latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teoritis, serta metode penelitian sehingga mahasiswa dapat menghasilkan proposal tesis.
Capaian Pembelajaran
Sikap
1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5).
2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6).
3. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7).
4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8).
5. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9).
Penguasaan Pengetahuan
1. Memahami metode penelitian kuantitatif dan kualitatif serta menerapkan desain penelitian yang relevan dengan upaya pengembangan keilmuan psikologi (PU2).
2. Memiliki pengetahuan terkini tentang penerapan dan pengembangan keilmuan psikologi serta bersikap kritis terhadap berbagai konsep, model dan pendekatan yang berkenaan dengan psikologi(PU3).
Keterampilan Umum
1. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah,
penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis
atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (KU1).
2. Melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya(KU2).
3. Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan
masyarakat Luas (KU3).
4. Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin(KU4).
5. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU8).
Keterampilan Khusus
1. Mampu menyampaikan gagasan secara lisan maupun tulisan secara efektif , khususnya dalam melaporkan serta mempresentasikan hasil penelitian kepada publik, maupun melalui presentasi dan publikasi ilmiah tingkat nasional/internasional (KK6).
2. Memiliki keterampilan dalam menelusuri literasi baru dengan memanfaatkan teknologi informasi(KK7).
3. Mengelola penelitian yang berpotensi untuk diaplikasikan untuk menyelesaikan permasalahan manusia dalam konteks urban health, urban education, dan urban IO (KK10).
Pengetahuan Awal
Mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah ini adalah Metode Penelitian Kualitatif (14991401) dan/atau Metode Penelitian Kuantitatif (14992401). Mata kuliah ini menjadi prasyarat untuk Tesis.
Referensi Umum
- 1. Tim Penyusun (2017). Pedoman Penulisan Tesis. Surabaya: Magister Psikologi Sains
Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya.
2. APA (2020). Publication Manual of The American Psychological Association, 7th edition.
Washington, DC: APA
3. Neuman, W.L (2013). Sosical Research Methods. 7
th edition. Boston: Pearson education,
Inc.
4. Parija, S.C. & Kate, V. (Eds.) (2017). Writing and Publishing a Scientific Research Paper.
Singapore: Springer Nature Singapore Pte Ltd.(3853)