Logo UBAYA
                      
Fakultas Psikologi
Universitas Surabaya
website: https://psikologi.ubaya.ac.id/

567607 APLIKASI ASESMEN & INTERVENSI URBAN C


Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengaplikasikan konsep Psikologi Klinis dan Psikologi Komunitas, model asesmen, serta intervensi untuk menangani masalah-masalah psikologis masyarakat perkotaan dalam konteks urban community.

Softskils yang hendak dibentuk melalui mata kuliah ini adalah komunikasi (level 3), dan etika-integritas (level 2).

Mata kuliah ini mendukung profil asisten (project) manager, community organisator, peneliti, dan trainer.




567604 APLIKASI ASESMEN & INTERVENSI KELUARGA

Matakuliah Aplikasi Asesmen dan Intervensi kancah Keluarga merupakan matakuliah yang  berisi  aplikasi asesmen dan intervensi yang terfokus pada keluarga dalam konteks perkotaan.

566602 TEORI DAN TEKNIK INTERVENSI : TRAINING

Mata Kuliah Teori dan Teknik Intervensi Training merupakan mata kuliah yang memberikan gambaran pada mahasiswa tentang konsep dasar tahapan PELATIHAN dan analisis kebutuhan (skema TNA) serta metode pelaksanaannya (Tahap ASESMEN); konsep psikologi sesuai setting (Urban&Heath, Keluarga&Sekolah, PIO) dalam melakukan analisis kebutuhan.; rancangan/desain pelatihan (skema intervensi, run down, manual for trainer, manual for trainee) sesuai prioritas kebutuhan (Tahap INTERVENSI); langkah memfasilitasi proses pelatihan (sebagian dari rancangan yang sudah disusun) sesuai konteks (topik pelatihan dipilihkan dosen tutor dan dijalankan pada peserta sesama rekan mahasiswa) dan pembuatan laporan pelaksanaan dan evaluasi pelatihan. DIsamping itu mata kuliah ini akan memfasilitasi terwujudnya Kompetensi Soft Skill berupa : 1.   Komunikasi (lisan dan tertulis) : mampu menyampaikan gagasan dengan kalimat yang efisien dan efektif, dengan tata bahasa yang baku. Hal ini dilihat dari jawaban mahasiswa dalam ujian komprehensif terkait TNA dan rancangan desain pelatihan serta pelaksanaan praktik pelatihan; 2.   Etika : mampu melakukan dan menyusun laporan hasil pelatihan sesuai dengan panduan; 3.   Kerjasama : mampu bekerjasama dalam menyusun, melakukan dan melaporkan hasil pelatihan yang dilakukan.


565601 TEORI & TEKNIK INTERVENSI Behav & Kogn

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu mengaplikasikan teori untuk merancang asesmen dan intervensi berdasarkan perspektif behavioral dan kognitif sesuai permasalahan pada individu pada taraf raising awareness secara etis.

563401 PENGUKURAN PSIKOLOGIS (TES PRESTASI)

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang cara mengukur atribut-atribut psikologis. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengevaluasi dan mengambil keputusan mengenai penggunaan dua macam alat ukur, yaitu tes prestasi dan skala psikologis. Kompetensi ini menjadi dasar bagi tiga mata kuliah pada semester yang akan datang, yaitu Metode Survei, Metode Eksperimen, dan Aplikasi Pengukuran Psikologis. Tidak hanya itu, kemampuan dalam melakukan pengukuran psikologis akan berguna bagi mahasiswa yang akan berkarir sebagai peneliti, manajer SDM, guru PAUD, community organizer, dan asesor.