11012204 Kimia Analisis Kualitatif

Setelah mengikuti MK Kimia Analisis Kualitatif diharapkan mahasiswa: 1. Mampu melakukan pencarian informasi karakteristik bahan aktif berdasarkan kompendia 2. Mampu memprediksi pengaruh karakteristik fisika, kimia dan fisiko kimia bahan aktif (sintetik maupun dari produk bahan alam) terhadap karakteristik sediaan 3. Mampu mengidentifikasi karakteristik bahan aktif (sediaan farmasi dan herbal) berdasarkan visual, struktur dan instrumentasi Mampu menghubungkan berbagai reaksi kimia yang dapat terjadi terhadap karakteristik senyawa dan sediaan.

Capaian Pembelajaran

1. S6: Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. 2. S9: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;. 3. PP-1: Menguasai konsep teoritis ilmu dasar: kimia analisis kualitatif. 4. PP-2: Menguasai konsep teoritis dan metode yang diperlukan dalam bidang kimia analisis kualitatif. 5. KK1: Mampu mengkaji dan membuat rancangan formula, melakukan proses analisis kualitatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. 6. KK2: Mampu melakukan uji mutu sediaan farmasi dan menyelesaikan masalah analisis untuk memberikan jaminan keamanan dan higienitas sesuai regulasi yang berlaku menggunakan teknologi di bidang farmasi yang modern dan terkini. 7. KK3: Mampu merancang proses seleksi, pengadaan, penyimpanan, pemantauan, pendokumentasian sediaan farmasi, suplemen 8. KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; 9. KU9: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

Pengetahuan Awal

General Chemistry/Kimia Umum dan Organic Chemistry I

Referensi Umum

  • Auterhoff, H. dan Kovar, A, 2009, Identifikasi Obat, diterjemahkan Sugiarso, N., Editor Masoor, S., Penerbit ITB, Bandung.()
  • D.A. Skoog, F.J. Holler dan T.A. Nieman, 2013, Fundamental of Analytical Chemistry, 9nd Ed., Saunders College Publishing, Philadelphia.()
  • Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Farmakope Indonesia Edisi V. Jakarta:Departemen Kesehatan Republik Indonesia; 2014. ()
  • Florey. K., Analytical Profiles of Drug Substances and Excipiets, Florey()
  • Moffat, A.C., Osselton,M.D., Widdop, Brian., 2011, Clarkes Analysis of Drugs and Poisons, in Pharmaceutical, body fluids and postmortem material., 4th ed, LEGO S, Italy.()
  • Rohman, Abdul., 2009, Kimia Farmasi Analisis, Gadjah Mada University Press.()
  • Rohman, Abdul., 2014, Spektroskopi Vibrassional, Teori dan Aplikasinya untuk Analisis Farmasi, Gadjah Mada University Press.()
  • Roth, H. J. dan Blaschke, G; 1998, Analisis Farmasi, diterjemahkan oleh

Referensi Buku Pustaka

Update: 2024-04-23 00:45:02 sesuai RPS Online