1601C062 Mobile Application Design

Mata kuliah ini akan mempelajari cara untuk membangun dan mengembangkan suatu aplikasi pada perangkat bergerak (mobile device) dengan menyesuaikan karakteristik dari perangkat tersebut. Konsep pemrograman pada perangkat bergerak ini berorientasi pada objek (OOP) disertai dengan logika pemrograman terstruktur. Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan konsep pemrograman OOP agar dapat mendesain suatu aplikasi dengan user interface yang baik sehingga dapat dioperasikan pada sistem operasi mobile android. Pembahasan materi mata kuliah ini dimulai dari pengenalan dasar pemrograman OOP, pengenalan android dan instalasi perangkat lunak yang digunakan, pemrograman android, hingga menghasilkan file distribusi yang berekstensi *.apk (Android Application Package) yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk dapat mengaplikasikan konsep pemrograman OOP agar dapat mendesain dan mengembangkan aplikasi mobile berbasis android secara efektif dan efisien.

Pengetahuan Awal

Mengaplikasikan algoritma dan pemrograman pada kasus-kasus yang sederhana dengan efektif dan efisien

Referensi Umum

  • Michael, I.S., Membongkar Source Code Berbagai Aplikasi Android, Yogyakarta: Gava Media, 2011. (2759)
  • Priyo E.U., From Newbie to Advanced – Mudahnya Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Andi, 2012(2760)
  • Safaat H., Android: Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2014.(2761)
  • Wahana Komputer, Step by Step Menjadi Programmer Android. Yogyakarta: Andi, 2013.(2762)

Referensi Buku Pustaka

Update: 2025-05-10 00:45:04 sesuai RPS Online