1306Y44A Strategic Operation Management
Mata ajaran ini bermaksud untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menemukan dan memanajemeni inisiatif perbaikan dalam perspektif manajemen berdasarkan pendekatan nilai (value approach) dan sistem lean (lean systems). Peserta dibekali konsep manajemen strategi operasi khususnya strategi operasi global dan kemampuan menggunakan alat-alat dan teknik/metode yang mampu diintegrasikan pada level manajemen senior dalam organisasinya sehingga proses pengambilan putusan dapat berjalan dengan optimal.
Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Manajemen Operasi yang diajarkan pada semester awal dengan titik penekanan pada komponen-komponen: (a) proses berpikir dan praktik sistem lean; (b) perspektif manajemen operasional berdasarkan pendekatan nilai (value approach); (c) manajemen kualitas dan produktivitas yang berkelanjutan (5S, SPC, Six Sigma); (d) fleksibilitas lantai kerja (Quick Changeover – SMED, TPM, dan Cellular Layout); (e) penjadwalan produksi berbasis sistem lean (JIT, Kanban, ERP, Lean Manufacturing); (f) manajemen bahan terpadu (integrated materials management); (g) pemetaan nilai dalam kegiatan operasional (value mapping approach); Manajemen Operasi Jasa; dan (i) Manajemen Logistik Terpadu (Integrated Logistics, Lean Distribution).
Pada akhir mata kuliah ini, tujuan yang telah dirumuskan di depan mampu membawa mahasiswa untuk memahami arti penting pendekatan strategik dlaam manajemen operasional yang berbasis pada pendekatan nilai (value approach) dan sistem lean (lean systems), sehingga mahasiswa mampu mengidentifikasi, menganalisa, dan meningkatkan kinerja operasional melalui aplikasi pada kasus-kasus praktik yang dalam perkuliahan dengan penerapan alat-alat dan teknik/metode yang sesuai dan sekaligus mengetahui konsekuensi atau kelemahan setiap metode saat diaplikasikan. Capaian pembelajaran yang dicapai adalah: (S-5, S-6, S-9, S-10, PP-1, PP-2, PP-3, PP-4, KK-1, KK-2, KK-3, KK-4, KK-5, KU-5, KU-6).
Capaian Pembelajaran
CPMK-1: Mahasiswa mampu menjelaskan pengetahuan dan pengertian kritis terhadap konsep manajemen strategi operasi dan menjelaskan mengapa korporat perlu menjalankan strategi operasi global. Mahasiswa diharapkan menjelaskan berbagai konsep dasar dalam strategi operasi misalnya teori tentang rantai nilai (value chain) dan sistem lean (lean systems), khususnya dalam penggunaan alat-alat dan teknik/metode yang mampu memberikan terobosan radikal dalam proses operasional dan secara signifikan membawa peningkatan kinerja bisnis. CPMK-2: Mahasiswa mampu menjelaskan strategi operasi global yang sesuai untuk berbagai korporat sesuai karakteristik masing masing dan mengeksplorasi isu-isu perbaikan berkelanjutan serta implikasinya dalam konsep yang terintegrasi dengan manajemen perubahan dalam organisasi jenis dan skala apapun. CPMK-3: Mahasiswa mampu membuat dan menganalisis hambatan dan tantangan dalam mengelola manajemen operasional secara strategik (robust operational strategy) melalui proses perbaikan yang berkelanjutan disertai dengan perumusan ukuran sukses dalam KPI (Key Performance Indicators) yang relevan yang mampu memberikan pertumbuhan usaha. CPMK-4: Mahasiswa mampu menjelaskan mengerti dan memahami, serta mampu mengaplikasikan konsep dan teori manajemen strategi operasi dalam segala jenis dan skala badan usaha untuk menghasilkan kemampuan dan kapabilitas strategik yang mempertajam pembentukan daya saing usaha. Tujuan ini dinilai berdasarkan kontribusi peserta secara aktif dalam setiap kegiatan perkuliahan (kuliah ceramah, presentasi kasus bisnis, dan diskusi).
Pengetahuan Awal
harus sudah lulus mata kuliah Manajemen Operasi
Referensi Umum
- Gong, Yeming (2013). Global Operations Strategy: Fundamentals and Practice, EMLYON Business School, France, Springer-Verlag Berlin Heidelberg 2013, ISBN 978-3-642-36708-3 (eBook). Brown, Steve; Richard Lamming, dan John Bessant (2013). Strategic Operations Management, Verlag: Taylor and Francis, UK, ISBN-13: 9781136159718 and ISBN-10: 1136159711. Hayes, Robert H.; Gary P. Pisano, David M. Upton, and Steven C. Weelwright, (2005). Operations, Strategy, and Technology: Pursuing the Competitive Edge, Wiley Higher Education, (ISBN #0-471-65579-1) Slack, Nigel and Michael Lewis, (2017). Operations Strategy, Fifth Edition, Prentice Hall, (ISBN #0130313866) Walters, David; & Mark Rainbird (2006). Strategic Operations Management: A Value Approach,. Zylstra, Kirk D. (2006). Lean Distribution: Applying Lean Manufacturing to Distribution, Logistics, and Supply Chain, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey, ISBN: 0471740756 (2794)