1901A404 Sistem Reproduksi

Mata kuliah ini membahas tentang etiologi, pathogenesis, patofisiologi, diagnosis, dan terapi serta rehabiltasi pada Sistem reproduksi, yang mencakup tentang basic science kedokteran reproduksi, inflamasi dan infeksi, kelainan kongenital dan genetik,kelainan degeneratif, kelainan metabolik dan neoplasma. Mata kuliah ini meliputi ilmu Biomedik (Anatomi ,Fisiologi,Histologi dan Biokimia) Patologi Anatomi, Patologi Klinik, Farmakologi, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Urologi, Bedah, Radiologi, Kes mas dan bio etik,yang terintegrasi secara horizontal dan vertikal. Mata kuliah ini diberikan dalam bentuk kuliah interaktif , praktikum, diskusi ,PBL, PjBL, CSL, dan belajar mandiri.

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etiologi,, pathogenesis, patofisiologi, diagnosis, dan terapi serta rehabilitasi pada penyakit sistem reproduksi, yang mencakup tentang trauma, inflamasi dan infeksi, kelainan kongenital dan genetik,,kelainan degeneratif,kelainan metabolik,dan neoplasma. Mata ajar ini meliputi ilmu Biomedik ( anatomi,fisiologi,histologi,Biokimia, Patofisiologi), Patologi Anatomi, Farmakologi, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Urologi, Bedah, Radiologi, Kes mas dan bio etik,yang terintegrasi secara horizontal dan vertikal.

Pengetahuan Awal

Lulus biomedik 1-4

Referensi Umum

  • 1. Wiknyosastrio, H., Saifudin,Abdul Bari, Rachimhadhi,T., (editor), Ilmu Kebidanan, edisi III, Yayasan Pustaka Sarwono Prawirohardjo,Jakarta, 1999()
  • 10. Mochtar, R., Sinopsis Obstetri, Jilid I & II, edisi II, EGC, Jakarta, 1998()
  • 11. Saifudin, A.B., (editor ketua), Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal & Neonatal, Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, Jakarta, 2000()
  • 12. Stenchever, Mortar. Sorensen Tanya. Penatalaksanaan dalam Persalinan, edisi I, alih bahasa oleh Chrisdiono M. Achadiat, Hipokrates, Jakarta, 1995()
  • 13. Ibrahim, Christina. Perawatan Kebidanan, jilid I, Bhratma, Jakarta,1996()
  • 14. Wagstaff, Ta. Penyajian Kasus pada Kebidanan dan Kandungan, Hipokrates, Jakarta, 1997()
  • 15. Sue, Jordan. Farmakologi Kebidanan, alih bahasa : Andy Hartono, EGC, Jakarta, 2004()
  • 16. Fox, Stuart T., Human Physiology, 7 th edition, McGraw Hill Company, Ney York, USA, 2002()
  • 17. Seeley Rod

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-03-29 00:45:06 sesuai RPS Online
    Dosen/PJMK: Dewi Kirana