14991101 Filsafat Ilmu
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar tentang filsafat ilmu yakni definisi filsafat ilmu, kaitan filsafat ilmu dengan ilmu psikologi, ketiga dimensi filsafat ilmu (ontologi, epistemologi, dan aksiologi), serta penerapan filsafat ilmu dalam penelitian, khususnya dalam penyusunan bab 1 rancangan tesis.
Capaian Pembelajaran
3A. Sikap, Tata Nilai, dan Ketrampilan Umum Sikap dan Tata nilai: Dengan mengacu pada CP KKNI DIKTI (khususnya CP 3,8,9), mata kuliah filsafat ilmu yang menekankan pola pikir logis, kritis, sistematis akan berkontribusi pada pembentukan sikap dan tata nilai yaitu: 1. mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (CP3) mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik melalui proses tutoria dan penulisan bab 1 rancangan tesis dan outline bab 2 (CP8) 2. mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CP9) Keterampilan Umum: 3. mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui mata kuliah filsafat ilmu dengan mendesain bab 1 rancangan penelitian tesis berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah (CP1) 4. mampu mengaplikasikan konsep ontologis, epistemologis, aksiologis dalam filsafat ilmu pada rancangan topik penelitian dan memosisikannya ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner (CP4) 3B. Ketrampilan Khusus & Penguasaan Pengetahuan Keterampilan Khusus: Setelah mengikuti mata kuliah filsafat ilmu, mahasiswa: 1. mampu mengidentifikasi dan menentukan topik penelitian untuk rancangan tesis. 2. mampu menyusun bab 1 rancangan tesis dengan mengaplikasikan konsep ontologis, epistemologis, aksiologis dalam proses tutorial. 3. mampu mengkomunikasikan bab 1 dan outline bab 2 rancangan tesis secara tertulis sesuai kaidah akademik. Penguasaan Pengetahuan: Setelah mengikuti mata kuliah filsafat ilmu, mahasiswa: 1. mampu menjelaskan hakekat filsafat, dan fillsafat ilmu, serta pentingnya belajar filsafat ilmu. 2. Mampu memahami hakekat ilmu dan psikologi sebagai ilmu, serta mampu menjelaskan keterkaitannya dengan ilmu psikologi 3. Mampu menentukan topik penelitian, dan menjelaskan alasan pemilihan topik 4. Mampu menjelasakan dimensi ontologi ilmu dan penelitian 5. Mampu menjelasakan dimensi epistemologis ilmu dan penelitian 6. Mampu menjelasakan dimensi aksiologis ilmu dan penelitian 7. Mampu mengaplikasikan ketiga dimensi filsafat ilmu dan penelitian melalui penyusunan bab 1 dan outline bab 2 rancangan tesis.
Pengetahuan Awal
Tidak ada mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah ini, namun sebelumnya mahasiswa telah memiliki dosen mentor untuk mendiskusikan rancangan topik penelitian tesis.
Referensi Umum
- Definisi filsafat, pengetahuan, ilmu pengetahuan Fokus dan dimensi filsafat ilmu dan ilmu psikologi Manfaat belajar filsafat ilmu (3933)
- Keraf, S. dan Dua, M. (2001). Ilmu pengetahuan: sebuah tinjauan filosofis (cetakan keduabelas). Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Neuman, W.L (2013). Sosical Research Methods. 7th edition. Boston: Pearson education, Inc. Suriasumantri, J. S. (1988). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer (Cetakan Kelima). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. Suriasumantri, J. S. (1987). Ilmu Dalam Perspektif (Cetakan Ketujuh). Jakarta: Gramedia. (3923)
- Tinjauan sistematika perkuliahan dan penjelasan: alur mata kuliah, tujuan, topik, metode pengajaran, bentuk-bentuk penugasan, sistem asesmen, dan aturan kelas. (3931)
- Epistemologi ilmu dan penelitian Metode berpikir: rasionalisme, empirisme, kritisisme Metode penelitian (3935)
- Hubungan antara ilmu dan nilai Context of discoveery and context of justification Etika dalam penelitian (
Referensi Buku Pustaka
- Creswell, John W., et al..(2016).Qualitative Inquiry & Research Design + Mixed Methods Research..ISBN 9781506381282.