921704 HUKUM PERSAINGAN USAHA
Konsumen pada saat berhadapan dengan Pelaku Usaha tidak mempunyai posisi tawar atas semua produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh Pelaku Usaha, oleh karena itu dibutuhkan adanya perlindungan terhadap hak-hak Konsumen, agar terdapat keseimbangan posisi antara Konsumen dengan Pelaku Usaha. Keseimbangan ini perlu dilakukan karena kedua belah pihak saling ada ketergantungan dan saling membutuhkan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa ditargetkan untuk menguasai konsep dan norma hukum dalam rangka penegakan hukum perlindungan konsumen, serta menerapkannya dalam penyelesaian kasus hukum konkret yang terjadi di masyarakat. Materi Hukum Persaingan Usaha akan membahas asal mula adanya gerakan perlindungan konsumen mulai dari perkembangannya sampai masuknya gerakan perlindungan konsumen di Indonesia. Dibahas juga pengertian perlindungan konsumen dan asas-asas perlindungan konsumen, batasan-batasan pengertian Konsumen dan Pelaku Konsumen, hak-hak dan kewajiban Konsumen, hak-hak dan kewajiban Pelaku Usaha serta hal-hal yang dilarang dilakukan. Selain itu dibahas mengenai kedudukan Konsumen, transaksi Konsumen terkait mata rantai pendistribusian sampai penyelesaian sengketa Konsumen. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib, sehingga akan dapat memberikan wawasan pada mahasiswa secara lebih mendalam. Sehingga ditargetkan mahasiswa dapat berpikir kritis, menguasai konsep dan mampu mencermati fenomena yang terjadi di masyarakat, khusus yang berkaitan dengan masalah persaingan usaha.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu mengidentifikasi arti penting hukum persaingan usaha di Indonesia., Menjelaskan tinjauan teoritik tentang hukum persaingan usaha, Mampu menganalisis prinsip-prinsip tanggung jawab pelaku usaha, dan Mahasiswa mampu menganalisis berbagai sengketa pelaku usaha.
Pengetahuan Awal
Mata kuliah Hukum Persaingan Usaha merupakan salah satu mata kuliah wajib di program magister Ilmu Hukum. Sebelum mengambil mata kuliah Hukum Perlindungan Konsumen, mahasiswa harus memahami terlebih dahulu Hukum Perdata.
Referensi Umum
Referensi Buku Pustaka
- SIMATUPANG, Taufik H., et al..(2004).Aspek Hukum Periklanan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen.Citra Aditya Bakti.ISBN 979414911X.
- SIDABALOK, Janus, et al..(2006).Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia.Citra Aditya Bakti.ISBN 9794149381.
- SHIDARTA, ., et al..(2000).Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia.Grasindo.ISBN 9796699389.
- MIRU, Ahmadi, et al..(2015).Hukum Perlindungan Konsumen.RajaGrafindo Persada.ISBN 9789797698980.