14057607 Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan
di akhir mata kuliah ini mahasiswa akan mampu mengaplikasikan prinsip Psikologi Positif dan Psikologi Komunitas, model asesmen, serta pengembangan komunitas (community development) untuk merancang desain peningkatkan kesejahteraan psikologis masyarakat perkotaan dalam konteks perkotaan.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu secara berkelompok mengidentifikasi isu kritis perkotaan yang dihadapi komunitas urban tertentu, dan bersama dengan komunitas terpilih menyusun rancangan, mengujicobakan dan mengevaluasi usulan program pemberdayaan komunitas, berdasarkan prinsip-prinsip pendekatan Aset Based Community Development dan Psikologi Komunitas, dan melaporkannya dalam format buku laporan
Pengetahuan Awal
Psikologi Perkotaan minimal B Metode Riset Kualitatif minimal B
Referensi Umum
- . mind map: https://www.edrawmind.com/mind-maps/education/psychology/page-1(4666)
- APA, 2006, Report of the Task Force on Urban Psychology: Toward an Urban Psychology: Research, Action, and Policy introduction, critical issues, areas of urban issues)(3631)
- Dureau, C (2013) Kekuatan Lokal untuk Pembangunan, Australian Community Development and Civil Society(3632)
- Kloos,B., Hill,J., Thomas,E., Wandersman,A., Elias, MJ., Dalton, J.H.,2012, Community Psychology Linking Individuals and Communities, Wadsworth, Cengage Learning (chapter 6, 9, 11, 12)(3630ISBN-13: 978-1-111-35257-8)
Referensi Buku Pustaka
- Dalton, James H., et al..(2011).Community Psychology..ISBN 9781111726409.