1302M14A Manajemen Stratejik

Mata kuliah Manajemen Strategik merupakan matakuliah wajib yang berada di Jurusan Manajemen. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu untuk menjadi strategist tingkat pemula yang mempunyai wawasan pengetahuan tentang manajemen strategik badan usaha dan mampu mempraktikkan proses manajemen strategik dengan mengembangkan diri dalam mengeksplorasi informasi sesuai kebutuhan analisis strategik, trampil melakukan analisis strategik dan membuat judgment serta mengembangkan argumen-argumen yang dipertimbangkan penting bagi pencapaian kinerja atau menjaga kelangsungan hidup badan usaha mulai dari peciptaan visi dan misi, melakukan penilaian internal dan eksternal badan usaha, dan strategic analysis hingga memilih strategi yang tepat, mengembangkan rancangan implementasi strategi serta menyusun rancangan evaluasi dan pengendalian terhadap strategi yang dilaksanakan. Kemampuan akhir mahasiswa diharapkan adalah mahasiswa mampu untuk berperan sebagai seorang strategist yang secara khusus trampil dalam hal knowledge skill, analytical skill, judgemental skill dan communication skill terkait dengan proses manajemen strategik, yaitu mengidentifikasi dan menganalisis lingkungan bisnis organisasi/badan usaha dengan mengkaji strategi yang perlu dirumuskan, isu-isu penting dalam implementasi dan evaluasi strategi, mengembangkan rancangan implementasi, evaluasi dan pengendalian strategi, serta menjalankan peran-peran penting manajemen badan usaha dalam konteks sosialisasi strategi sebuah badan usaha. Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S5, S8, S9, S10, PP1, PP2, PP5, PP8, PP10, KK2, KK4, KK 5, KK6, KK7, KK8, KK9, KK10, KU2, KU3, KU4, KU10, KU12

Capaian Pembelajaran

• [CPMK1] Mahasiswa mampu memahami hakikat manajemen strategik, aturan main simulasi dan role playing manajemen strategik; Mahasiswa mampu memahami model manajemen straegik dan merumuskan visi, misi, dan nilai-nilai inti badan usaha sebagai langkah awal perumusan strategi (S5, S8, S9, S10, PP1, PP2, PP5,PP8, PP 10, KK6, KK9, KK10, KU2, KU3, KU4, KU10, KU12). • [CPMK2] Mahasiswa mampu memahami tujuan jangka panjang, tujuan strategik, tingkatan-tingkatan strategi, dimensi dan tipe-tipe strategi; Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman badan usaha melalui pengungkapan penilaian atas kondisi internal maupun eksternal badan usaha (S5, S8, S9, S10, PP1, PP5, PP8, PP10, KK6, KK9, KK10, KU2, KU4, KK5,KU10, KU11, KU12). • [CPMK3] Mahasiswa mampu memilih strategi badan usaha sesuai dengan rerangka kerja perumusan dan analisis strategi serta penggunaan teknik-teknik manajemen strategik (S5, S8, S9, S10, PP10, KK1, KK4, KK10, KU2, KU6, KU7, KU8, KU9). • [CPMK4] Mahasiswa mampu menyusun rancangan implementasi strategi dan rancangan evaluasi strategi dan mempresentasikan makalah manajemen strategik mulai dari tahap penyusunan strategi, penilaian internal dan eksternal, analisis dan pemilihan strategi, implementasi dan evaluasi secara logis dan jelas, serta mensimulasikan dan memerankan sebagai stakeholder perusahaan (S5, S9, S10, PP1, PP4, PP10, KK1, KK4, KK10, KU2, KU6, KU7, KU8, KU9).

Pengetahuan Awal

Agar capaian pembelajaran di atas dapat terwujud maka pemahaman konsep dan teori tentang manajemen strategik, Mahasiswa yang menempuh mata kuliah ini adalah mahasiswa semester atas yang telah lulus dari berbagai matakuliah wajib bagi jurusan manajemen, terutama mata kuliah-mata kuliah yang memberikan managerial skill utama bagi mahasiswa manajemen, seperti Manajemen Keuangan, MSDM, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Operasi.

Referensi Umum

  • David, Fred R., 2021, Strategic Management: Concept and Cases A Competitive Advantage Approach, 16th edition, Prentice Hall.(1045)
  • Hitt, Michael A., Duane Ireland, and Robert E. Hoskisson, 2021, Strategic Management: Concept and Cases: Competitive and Globalization, 13th edition.(1046)
  • Powerpoint dari Dosen(1048)
  • Video Pembelajaran(1047)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2025-03-14 00:45:02 sesuai RPS Online