1302R02A Pemasaran Global
Mata kuliah pemasaran global bertujuan mahasiswa mampu mengevaluasi pemasaran global pada perusahaan global dengan menggunakan konsep-konsep dan teori pemasaran global, serta mampu mendemonstrasikan penerapan strategi bersaing dan keunggulan kompetitif melalui proses kerja kelompok, diskusi, kunjungan belajar ke perusahaan global, presentasi serta menulis laporan berupa evaluasi pemasaran global pada perusahaan global. Konsep, teori dan penerapan pemasaran global yang dipelajari dalam mata kuliah ini diperlukan dikarenakan mengingat perkembangan bisnis global mengindikasikan persaingan yang semakin ketat dan menyebabkan adanya tuntutan untuk memiliki salah satu senjata potensial memperoleh keunggulan bersaing dalam dunia bisnis global. Perusahaan global dituntut untuk mengelola bisnis dan pemasaran dengan menciptakan keunggulan kompetitif yang melebihi pesaingnya. Mata kuliah ini juga diharapkan mengembangkan keterampilan generik (soft skill), yaitu kerja sama dalam tim, kemampuan berdiskusi, keterampilan komunikasi verbal dan tulis, tanggung jawab serta ketrampilan dan kemampuan presentasi. Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah PP-10; KK-10; KU-10; KU-12; S-06, S-10
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu mengevaluasi pemasaran global pada perusahaan global dengan menggunakan konsep-konsep dan teori pemasaran global serta mampu mendemonstrasikan penerapan strategi bersaing dan keunggulan kompetitif melalui proses kerja kelompok, diskusi, kunjungan ke perusahaan global, presentasi serta menulis laporan berupa evaluasi pemasaran global pada perusahaan global. Capaian pembelajaran mata kuliah ini dapat dibagi menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: 1. Memahami pemasaran global dan membedakan pemasaran global (PP-10; KK-10; KU-10; KU-12; S-06, S-10) 2. Mendiskusikan lingkungan-lingkungan pemasaran global (PP-10; KK-10; KU-10; KU-12; S-06, S-10) 3. Menghubungkan STP (segmentation, targeting and positioning) pemasaran global dan menganalisis strategi perusahaan global entri pasar global (PP-10; KK-10; KU-10; KU-12; S-06, S-10) 4. Menganalisis global marketing mix (PP-10; KK-10; KU-10; KU-12; S-06, S-10) 5. Mengidentifikasi corporate social responsibility dan mengevaluasi strategic elements of competitive advantage (PP-10; KK-10; KU-10; KU-12; S-06, S-10)
Pengetahuan Awal
Prasyarat formal untuk mengikuti mata kuliah ini adalah Mahasiswa WAJIB lulus pada mata kuliah Manajemen Pemasaran dan Perekonomian Indonesia. Calon peserta kuliah juga diharapkan memiliki keterampilan diskusi kelompok, komputer untuk bisa mengoperasikan MS office, serta mengakses fasilitas e-learning Ubaya dan website perusahaan global.
Referensi Umum
- Artikel, berita, atau jurnal pendukung sesuai dengan perusahaan global pilihan kelompok.(1072)
- Buku teks wajib mengacu kepada buku-buku teks mata kuliah prasyarat.(1071)
- Forbes Top 10 Global Company(1074)
- Keegan, Warren J.,and Mark.C. Green, Global Marketing, 2017, Ninth Edition, Prentice Hall, New Jersey.(1069)
- Larry Percy, Strategic Integrated Marketing Communications, 2018, Third edition, by Routledge, New York.(1070)
- Video Global Company(1073)
Referensi Buku Pustaka
- Keegan, Warren J., et al..(2016).Global Marketing, Global Edition..ISBN 978-1-292-15076-5.