1302R03A Manajemen Penjualan
• Mata kuliah Manajemen Penjualan adalah mata kuliah yang memadukan unsur ilmu dan seni dalam menjual. Mata kuliah ini memadukan antara taktik menjual dan mengelola tim penjualan untuk mewujudkan tujuan penjualan, laba dan pangsa pasar bagi perusahaan. • Pencapaian proses pembelajaran pada mata kuliah ini tidak hanya ditekankan pada materi yang bersifat kognitif (knowlodge & ability), melainkan juga dilengkapi dengan keahlian atau ketrampilan (skills) dan perilaku atau sikap (behavior/attitude) tertentu. • Mata kuliah Manajemen Penjualan menyumbangkan pengembangan pada capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu melakukan perencanaan, mengimplentasikan teknik penjualan. • Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S5, S6, PP1, PP2, PP3, PP4, KK1, KK2, KK3, KK4, KK7, KK8, KU1, KU2, KU3, KU11, KU12, KU13.
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu menerapkan secara tepat konsep penjulan secara holistik serta keterampilan meliputi menyusun dan merencanakan, merespon secara tepat permasalahan penjualan. Selain itu mahasiswa kemampuan untuk mengevaluasi secara aktif. Mahasiswa dibekali dengan kemampuan menggambarkan peran dan tugas manajer penjualan dalam merancang taktik menjual untuk mencapai kuota penjualan. Capaian pembelajaran mata kuliah Manajemen Penjualan sebagai berikut: • (CPMK 1) Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian, tugas dan fungsi professional selling secara menyeluruh dan memahami konsumen serta perilakunya (S5, S6, PP1, KK1, KK3, KK4, KK8, KU1) • (CPMK 2) Mahasiswa mampu mengimplementasikan perencanaan marketing ke dalam strategi penjualan serta memiliki pemahaman terkait hukum dan etika penjualan (S5, S6, PP1, PP2, KK1, KK2, KK3, KK4, KK8, KU1, KU2, KU3, KU11, KU12) • (CPMK 3) Mahasiswa memiliki kemampuan dalam teknik penjualan termasuk dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan (S5, S6, PP1, PP2, PP3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK7, KK8, KU2, KU3, KU11, KU12, KU13) • (CPMK 4) Mahasiswa dipersipakan sebagai manajer mampu memahami manajemen tenaga penjual dalam mengelola sumber daya manusia (S5, S6, PP1, PP2, PP3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK7, KK8, KU2, KU3, KU12, KU13) • (CPMK 5) Mahasiswa mampu melakukan kontrol dalam peramalan perencaan penjualan dengan mempertimbangkan anggaran serta menjalankan evaluasi (S6, PP1, PP2, PP3, PP4, KK1, KK3, KK4, KK7, KK8, KU1, KU2, KU3, KU11, KU12, KU13) • (CPMK 6) Mahasiswa mampu mempresentasikan bisnis yang dijalankan selama satu semester secara meyakinkan dan mengimplementasi peran sales hingga mengevaluasi bisnis. (S5, S6, PP1, PP2, PP3, PP4, KK1, KK2, KK3, KK4, KK7, KK8, KU1, KU2, KU3, KU7, KU8, KU11, KU12, KU13).
Pengetahuan Awal
Prasyarat formal mata kuliah ini adalah telah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran. Selain syarat formal tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Calon peserta kuliah diharapkan juga memiliki keterampilan menjalankan computer dan akses internet yang baik,terutama untuk mencari informasi di internet dan membuat tugas dan melakukan presentasi.
Referensi Umum
- Selling & Sales Management, David Jobber & Geoff Lancaster, Prentice Hall, UK, 2000, fifth edition.(1017)
- Selling and Sales Mangement, David Jobber & Geoff Lancaster, Pearson, 2015, tenth edition. (1018)
- Video Pembelajaran(1021)