1302R04A Pemasaran Eceran
Mata kuliah Pemasaran Eceran merupakan mata kuliah wajib konsentrasi Manajemen Pemasaran. Pemasaran Eceran merupakan kuliah yang sangat menarik untuk dipelajari dan merupakan bagian penting dari cara hidup kita, dimana pun kita terlibat di dalam kegiatan perdagangan eceran. Kita hidup pada era yang kaya produk dan jasa untuk dipandang, dijelajahi dan dibeli. Kebanyakan produk dan jasa ini sampai kepada kita melalui pemasaran eceran. Kegiatan belajar dan mengajar akan diupayakan menyelaraskan dasar teori serta praktik yang diperoleh dari kuliah tatap muka, kuliah lapangan, serta pemberian tugas kegiatan pemasaran eceran dan presentasi. Konsep dan teori yang dipelajari dalam mata kuliah ini menjadi fondasi bagi mahasiswa ketika mempelajari strategi pemasaran di tahap berikutnya. Materi kuliah ini juga dapat menjadi kerangka teoritis bagi skripsi yang diambil. Mata kuliah ini diharapkan memberikan keterampilan generik (soft skill), yaitu kerjasama kelompok, serta keterampilan komunikasi tertulis maupun lisan. Capaian pembelajaran program studi yang diharapkan dicapai melalui mata kuliah Pemasaran Eceran adalah S6, PP2, KK5, dan KU5.
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti aktivitas perkuliahan Pemasaran Eceran, mahasiswa diharapkan mampu menghubungkan bauran pemasaran eceran dan strategi pemasaran eceran, mengarahkan kegiatan pemasaran eceran; serta terampil melakukan penyesuaian. Hal ini dikomunikasikan dalam tugas kelompok - survei bauran pemasaran eceran pada sebuah bisnis eceran dan analisis bauran pemasaran eceran dan tulisan melalui kerja kelompok yang efektf. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: Mampu mencirikan pengertian perdagangan eceran dan pemasaran eceran Mampu menjelaskan consumer shopping behavior Mampu menjelaskan retail marketing strategy serta mengevaluasi kegiatan pemasaran eceran Mampu menjelaskan retail marketing mix: product, price, location, promotions, physical evidence, people and process Keterampilan generik, setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu bekerja sama dalam kelompok (5-7 mahasiswa) dalam kurun waktu 10 minggu untuk membuat argumentasi dalam bentuk laporan, yang akan dipresentasikan dan diskusikan, serta menulis laporan evaluasi penerapan pemasaran eceran pada bisnis eceran.
Pengetahuan Awal
Prasyarat formal mata kuliah ini adalah telah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran. Selain syarat formal tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Calon peserta kuliah diharapkan juga memiliki keterampilan bekerja sama, memberikan respon terarah, berpendapat dalam membuat tugas dan melakukan presentasi.
Referensi Umum
- Berman, B., & Evans, J. R. (2004). Retail management (9th ed.). Prentice Hall.(1862)
- Gilbert, D. (2003). Retail marketing management (2nd ed.). Prentice Hall.(1861)
- Kuliah Lapangan(1869)
- Laporan Kelompok(1870)
- Presentasi Kelompok(1871)
- Retail Cases(1863)