1302R07A Manajemen Produk dan Harga
Matakuliah ini memperkenalkan mahasiswa pada konsep dan aplikasi pengembangan produk dan harga sebagai aktivitas pemasaran. Mata kuliah ini menyumbang pada pengembangan capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu melakukan perencanaan pengembangan produk dan penetapan harga berbasis data pasar yang aktual secara tepat. Konsep dan teori yang dipelajari dalam mata kuliah ini menjadi fondasi bagi mahasiswa ketika mempelajari strategi pemasaran di tahap berikutnya. Materi kuliah ini juga dapat menjadi kerangka teoretis bagi skripsi yang diambil. Mata kuliah ini diharapkan memberikan keterampilan generik (soft skill), yaitu kerja sama kelompok dan keterampilan komunikasi tertulis dan lisan.
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu mampu menyusun perencanaan pengembangan produk dan penetapan harga berbasis data pasar yang aktual secara tepat. Hal ini dikomunikasikan dalam tugas kelompok berbentuk rencana pengembangan produk dan pemberian harga yang disajikan secara lisan dan tulisan melalui kerja kelompok yang efektf. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: A. Mampu menjelaskan tujuan dan peluang pengembangan produk baru (S10, PP10, KK1,KK9,KU5,KU7). B. Mampu menguraikan roadmap pengembangan penyempurnaan dan pemantauan suatu produk baru. (S10, PP10, KK1,KK9,KU5,KU7). C. Mampu menjelaskan Beta Program dari peluncuran produk baru (S10, PP10, KK1,KK9,KU5,KU7). D. Mampu menyusun roadmap produk baru dan pemberian harga yang memberikan nilai pada pelanggan. (S10, PP10, KK1,KK9,KU5,KU7). E. Mampu menyusun rencana pemantauan kinerja peluncuran produk baru. (S10, PP10, KK1,KK9,KU5,KU7). Untuk keterampilan generik, setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu bekerja sama dalam kelompok kecil (4-5 mahasiswa) dalam kurun waktu 4 sampai 5 minggu untuk menyusun rencana pengembangan produk baru dan penetapan harga secara tertata, argumentasi yang logis, dan bebas dari plagiarisme. Kaitan antara empat kompetensi dasar dengan capaian pembelajaran mata kuliah tergambar di skema terlampir.
Pengetahuan Awal
Prasyarat formal mata kuliah ini adalah telah menempuh mata kuliah manajemen pemasaran. Selain syarat formal tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Calon peserta kuliah diharapkan juga memiliki keterampilan menjalankan computer dan akses internet yang baik,terutama untuk mencari informasi di internet dan membuat tugas dan melakukan presentasi.
Referensi Umum
- Annachino, Marc A., (2003), New Product Development, Elsevier, Georgia.(1028)
- Lawley, Brian, (2007), Expert Product Management, 280 Group LLC, California.(1029)
- Nagle, Thomas T., John E. Hogan, Joseph Zale, 2011, The Strategy and Tactics of Pricing, Prentice Hall, fifth edition, Singapore. (1030)