1302R08A Riset Pemasaran

Mata kuliah Riset Pemasaran merupakan salah satu mata kuliah wajib konsentrasi untuk peminatan Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini ditempuh oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah dasar, yaitu Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini memberikan pemahaman konsep pemasaran dan proses Riset Pemasaran secara teori maupun aplikasinya dalam dunia empiris. Melalui proses pembelajaran dalam kuliah riset pemasaran, mahasiswa diharapkan mampu memecahkan suatu masalah, dan meraih peluang pasar dalam lingkungan bisnis lokal dan nasional. Konsep dan teori yang dipelajari dalam mata kuliah ini menjadi fondasi bagi mahasiswa ketika mempelajari strategi pemasaran di tahap berikutnya. Materi kuliah ini juga dapat menjadi kerangka teoritis bagi skripsi yang diambil. Mata kuliah ini diharapkan memberikan keterampilan generik (soft skill), yaitu kerjasama dalm kelompok, komunikasi, mengelola waktu, mempresentasikan laporan secara sistematis, serta keterampilan mengoperasikan software statistik. Capaian pembelajaran program studi yang diharapkan dicapai melalui mata kuliah Riset Pemasaran adalah S9, PP4, KK8, dan KU5.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti aktivitas perkuliahan Riset Pemasaran, mahasiswa diharapkan mampu mendiagnosis masalah, mengidentifikasi peluang, dan mengklasifikasikan sebuah riset, serta menjelaskan proses riset; suka mengorganisasikan; terampil melakukan proses riset pemasaran. Hal ini dikomunikasikan dalam tugas kelompok – melakukan riset pemasaran sesuai topik-topik pemasaran yang up-to-date dan tulisan laporan melalui kerja kelompok yang efektf. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: A. Mampu menganalisis proses riset pemasaran. B. Mampu menghubungkan desain riset pemasaran dengan proses riset pemasaran sesuai masalah manajemen. C. Mampu mengklasifikasikan dan merinci riset pemasaran serta menjelaskan desain riset pemasaran. D. Mampu mengungkapkan lingkungan pemasaran, sistem informasi pemasaran dan pengertian riset pemasaran. Keterampilan generik, setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu bekerja sama dalam kelompok (5-7 mahasiswa) dalam kurun waktu 7 minggu untuk membuat argumentasi dalam bentuk laporan, yang akan dipresentasikan dan diskusikan, serta menulis laporan evaluasi hasil riset pemasaran kelompok. Kaitan antara empat kompetensi dasar dengan capaian pembelajaran mata kuliah tergambar di skema terlampir.

Pengetahuan Awal

Prasyarat formal mata kuliah ini adalah telah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran dan Statistika II. Selain syarat formal tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Calon peserta kuliah diharapkan juga memiliki keterampilan bekerja sama, pengolahan data, berpendapat dalam membuat tugas dan melakukan presentasi.

Referensi Umum

  • Jurnal-jurnal riset pemasaran yang dipublikasikan oleh Emerald atau Elsevier Science Direct dan dapat diakses melalui elib.ubaya.ac.id.(1093)
  • Malhotra, N. K. (2012). Marketing research: An appplied orientation (6th ed.). Pearson Education, Ltd.; (1092)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2025-03-14 00:45:02 sesuai RPS Online