1302R09A Strategi Pemasaran

• Mata kuliah Strategi Pemasaran adalah mata kuliah yang memadukan unsur ilmu dan strategi dalam pemasaran. Sebagai kelanjutan dari Manajemen Pemasaran, mata kuliah ini lebih menitikberatkan pada unsur strategis berorientasi pasar yang merupakan basis dari strategi pemasaran. • Mata kuliah ini mempelajari mengenai gambaran pasar, persaingan dan pelanggan, penciptaan nilai bagi pelanggan melalui pengembangan bauran pemasaran dan strategi pemasaran yang terpadu guna menciptakan keuntungan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. • Pencapaian proses pembelajaran pada mata kuliah ini tidak hanyaditekankan pada materi yang bersifat kognitif (knowlodge & ability), melainkan juga dilengkapi dengan keahlian atau ketrampilan (skills) danperilaku atau sikap (behavior/attitude) tertentu. • Mata kuliah Strategi Pemasaran menyumbangkan pengembangan pada capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu merancang strategi, mengimplentasikan hingga mengevaluasi strategi marketing. • Mata kuliah Strategi Pemasaran menyumbangkan pengembangan pada capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu melakukan analisi, perencanaan, mengimplentasikan serta mengevaluasi strategi pemasaran. • Capaian pembelajaran program studi yang dicapai adalah S5, S6, PP1, PP2, PP3, PP4, KK1, KK2, KK3, KK4, KK7, KK8, KU1, KU2, KU3, KU7, KU8, KU11, KU12, KU13.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu mengimplementasikan strategi pemasaran dan melakukan evaluasi secara menyeluruh. Untuk itu mahasiswa harus memiliki kemampuan menganalisis pasar, strategi produk, saluran pemasaran. Pada akhirnya, mahasiswa dibekali dengan kemampuan menggambarkan peran dan tugas manajer pemasaran yang mampu membuat strategi pemasaran yang jitu. Capaian pembelajaran mata kuliah Strategi Pemasaran sebagai berikut: • (CPMK 1) Mahasiswa mampu memahami tentang manajemen berbasis pasar (S5, S6, KK1, KK3, KK7, KU1, KU2, KU 11, KU12, KU13) • (CPMK 2) Mahasiswa mampu menganalisis pasar dan pelanggan serta menggambarkan segmentasi pasar termasuk di dalamnya peta persaingan (S5, S6, PP1, PP2, PP3, KK1, KK2, KK3, KK7, KU1, KU2, KU7, KU11, KU12). • (CPMK 3) Mahasiswa mampu menggambarkan strategi pemasaran secara taktis melalui pemetaan produk, penetapan harga serta saluran dankomunikasi pemasaran (S5, S6, PP2, PP3, KK1, KK2, KK3, KK4, KK7, KK8, KU1, KU2, KU3, KU7, KU8, KU11, KU12, KU13). • (CPMK 4) Mahasiswa mampu menggambarkan strategi bersaing berdasarkan posisi persaingan di pasar (S6, PP1, PP2, KK1, KK2, KK4, KK7,KK8, KU1, KU2, KU3, KU7, KU8, KU11, KU12, KU13). • (CPMK 5) Mahasiswa mampu menghubungkan konsep pemasaran ke dalam rencana strategis pemasaran untuk memecahkan permasalahan yang berorinetasi pada pasar dan keuangan. (S5, S6, PP1, PP2, PP3, KK1, KK2, KK4, KK8, KU1, KU2, KU3, KU7, KU8, KU11, KU12, KU13) • (CPMK 6) Mahasiswa mampu mempresentasikan strategi pemasaran dalam launching produk baru dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif berdasar pada ilmu teoritis yang diperoleh (S5, S6, PP1, PP2, PP3, PP4, KK1, KK2, KK3, KK4, KK7, KK8, KU1, KU2, KU3, KU7, KU8, KU11, KU12, KU13).

Pengetahuan Awal

Prasyarat formal mata kuliah ini adalah telah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran. Selain syarat formal tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris.Calon peserta kuliah diharapkan juga memiliki keterampilan menjalankan computer dan akses internet yang baik,terutama untuk mencari informasi di internet dan membuat tugas dan melakukan presentasi.

Referensi Umum

  • Best, Roger J., Market-Based Management, Pearson, 2013, sixth edition(1106)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2025-03-14 00:45:02 sesuai RPS Online