1300F12A Pengantar Akuntansi I

Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa semua jurusan ekonomi yang berisi pembelajaran teoritis dan praktis sebagai pengetahuan dasar tentang akuntansi. Mata kuliah ini akan mendasari pengetahuan akuntansi yang lebih lanjut baik dalam akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, maupun sistem informasi akuntansi. Pembelajaran tersebut mencakup pengenalan istilah-istilah akuntansi, akun-akun, persamaan dasar akuntansi serta siklus akuntansi hingga menyusun laporan keuangan sederhana. Dalam pembahasannya, mahasiswa akan diperkenalkan dengan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang yang dimiliki perorangan, serta transaksi modal untuk perusahaan persekutuan, dan korporasi.

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar tentang praktek akuntansi untuk perusahaan jasa dan dagang serta akuntansi dasar tentang kepemilikan perusahaan (perorangan, persekutuan dan perseroan)

Pengetahuan Awal

Tidak ada

Referensi Umum

  • Reeve, James M., Carl S. Warren, Jonathan E. Duchac, Ersa Tri Wahyuni, Amir Abadi Jusuf, Accounting Indonesia Adaptation, 4th edition, 2018, Salemba Empat()

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-05-14 00:45:01 sesuai RPS Online