1306Y42A Service Operation Management

Mata kuliah Service Operations Management (SOM) merupakan mata kuliah lanjutan pada konsentrasi manajemen produksi/operasi dalam kurikulum Program Studi Magister Manajemen. SOM membahas bagaimana perusahaan menyampaikan jasa dan mengambil keputusan operasi untuk mengelola sumber daya dan menyampaikan jasa/layanan kepada pelanggan. Seberapa baik layanan disampaikan sangat tergantung pada kemampuan perusahan dalam mengimplementasikan strategi yang efektif, memotivasi karyawan dan mengelolah sumber daya yang dimiliki. Dalam mata kuliah ini juga akan dibahas ragam perusahaan di sektor jasa baik yang bersifat komersial maupun tidak, yang semuanya bertujuan untuk peningkatkan kinerja perusahaan melalui proses jasa.Adapun topik pembahasan dalam SOM antara lain: service concept, service connection (customer and supplier relationship), service delivery, improving service dan implement service.

Capaian Pembelajaran

[CPMK1] Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan yang terkait service operations management (S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10, PP2, PP3, PP6, PP7, PP8, PP9, PP10, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, KU10, KU11). [CPMK2] Mahasiswa mampu mendesain service operations management suatu perusahaan (S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10, PP2, PP3, PP6, PP7, PP8, PP9, PP10, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, KU10, KU11). [CPMK3] Mahasiswa mampu menjelaskan keterkaitan antara pelanggan dan supplier dalam proses jasa (S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10, PP2, PP3, PP6, PP7, PP8, PP9, PP10, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, KU10, KU11). [CPMK4] Mahasiswa mampu menjelaskan penyampaian proses jasa (S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10, PP2, PP3, PP6, PP7, PP8, PP9, PP10, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, KU10, KU11). [CPMK5] Mahasiswa mampu mengembangkan proses jasa (S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10, PP2, PP3, PP6, PP7, PP8, PP9, PP10, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, KU10, KU11). [CPMK6] Mahasiswa mampu menjelaskan penerapan proses jasa (S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10, PP2, PP3, PP6, PP7, PP8, PP9, PP10, KK1, KK2, KK3, KK4, KK5, KK6, KK7, KU1, KU2, KU4, KU5, KU6, KU8, KU10, KU11).

Pengetahuan Awal

Mata kuliah service operations managementmerupakan salah satu mata kuliah dengan prasyarat mata kuliah dasar antara lain:mata kuliah manajemen operational.

Referensi Umum

  • Johnston, Robert., Clark, Graham., and Shulver, Michael. 2012. Service Operations Management: Imporving Service Delivery.4nd edition, New Jersey: Pearson Education, Inc. Fitsimmons, James A., Fitzsimmons, Mona J., dan Bordoloi, Sanjeev K. 2014. Service Management Operations: Strategy, Information Technology 8th. McGraw Hill, International Edition. Bacaan lainnya : Semua sumber yang berhubungan dengan subtopik pada silabi mata kuliah. Lampiran silabi (2348)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2025-03-14 00:45:02 sesuai RPS Online