1306Y51A Corporate Strategy and Entrepreneurship
Matakuliah yang berkaitan dengan wirausaha dan kemampuan manajerial dalam menyusun strategi dalam bisnis ditingkat nasional dan global. Matakuliah ini mempelajari pelaksanaan dan pengembangan dari strategi korporasi yang ada dan relevansinya dengan isu-isu terkini dalam kewirausahaan. Perusahaan yang sudah ada saat ini harus dikelola dengan strategi yang baik dan jiwa entrepreneurship untuk dapat eksis di masa yang akan dating. Banyak perusahan yang gagal di generasi ke-3 karena gagal melihat peluang dan ancaman yang terjadi. Perusahaan cenderung stagnasi dengan apa yang telah dilakukannya saat ini, sehingga tidak mengantisipasi perubahan demand di masyarakat. Seorang entrepreneur sejati selalu mampu mengendus peluang yang ada disekitarnya. Untuk itu matakuliah ini mengintegrasikan pola p[ikir entrepreneur dan manajemen strategy untuk mengembangkan inovasi yang mampu membuat perusahaan sustainable.
Capaian Pembelajaran
Matakuliah ini akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan strategi dan kewirausahaan. Dengan mengambil matakuliah ini diharapkan mahasiswa mampu untuk mengembangkan strategi dalam perusahaan dengan semangat entrepreneurship untuk mengembangkan perusahaan menjadi lebih berdaya saing dalam lingkungan yang kompetitif. Matakuliah ini menjelaskan mengenai kewirausahaan yang berkaitan langsung dengan fenomena didalam bisnis baik nasional maupun global. Tumpuan pengetahuan yang diajarkan akan memberikan mahasiswa pemahaman yang mendalam mengenai pola strategi korporasi yang cocok untuk melaksanakan dan memulai bisnis baru, maupun mempertahan dan meningkatkan bisnis yang sudah ada. Mahasiswa setelah menempuh matakuliah ini akan mampu: 1. Menjelaskan mengenai strategi korporasi dalam bisnis 2. Memahami fenomena bisnis terkini dengan bertumpu pada pemikiran ilmiah, dan konsep yang jelas. 3. Melaksanakan analisis atas peluang bisnis yang ada dengan pendekatan ilmiah dan menghasilkan solusi bisnis yang efektif 4. Menelaah dan mempresentasikan ide bisnis berdasarkan strategi bisnis yang sudah diusulkan
Pengetahuan Awal
-
Referensi Umum
- Harvard Business Review, 2020, Strategic Analytics Technology Based Entrepreneurship, 2015, Thomas, B., Bookboon Publication Entrepreneurship Strategy: Changing Patterns In New Venture Creation, Growth And Reinvention, 2006, Lisa Gundry, Sage Publication Corporate Entrepreneurship: Innovation and Strategy in Large Organizations by Paul Burn Jurnal, paper, sumber lainnya yang relevan (3264)