1306Y80A Ekonomi Manajerial

Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang aplikasi teori ekonomi dalam pengambilan keputusan bisnis. Dalam mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diposisikan sebagai manajer badan usaha, yang menganalisis kondisi internal dan eksternal berdasarkan teori ekonomi dan mengambil keputusan manajerial berdasarkan hasil analisis. Dengan kata lain, mahasiswa dihadapkan pada teknik pengambilan keputusan (baik penggunaan metode kuantitatif maupun kualitatif) dengan basis teori ekonomi dalam menjalankan fungsi-fungsi bisnis. Kompetensi Lulusan yang Ingin Dicapai melalui matakuliah ini adalah: Mampu mengembangkan pengetahuan secara berkelanjutan dalam praktik manajemen (continuence improvement) – U1 Mampu menyelesaikan masalah bisnis dan manajemen dengan memanfaatkan ilmu ekonomi manajerial baik dengan pendekatan inter dan atau multi disiplin (problem solver) – U2.

Capaian Pembelajaran

CPMK-1: Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan teori konsumen dalam pengambilan keputusan bisnis (S-6, S-8, S-9, PP-2, PP-3, PP-4, KK-1, KK-3, KK-4, KU-2, KU-3, KU-7) CPMK-2: Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan teori badan usaha dalam pengambilan keputusan bisnis (S-6, S-8, S-9, PP-2, PP-3, PP-4, KK-1, KK-3, KK-4, KU-2, KU-3, KU-7). CPMK-3: Mahasiswa mampu menjelaskan dan mangaplikasikan struktur pasar dan strategi harga dalam pengambilan keputusan bisnis (S-6, S-8, S-9, PP-2, PP-3, PP-4, KK-1, KK-3, KK-4, KU-2, KU-3, KU-7). CPMK-4: Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan kebijakan pemerintah dan konsep ekonomika perilaku dalam pengambilan keputusan bisnis (S-6, S-8, S-9, PP-2, PP-3, PP-4, KK-1, KK-3, KK-4, KU-2, KU-3, KU-7)

Pengetahuan Awal

-

Referensi Umum

  • Wilkinson, Nick (2005), Managerial Economics: A Problem Solving Approach, Cambridge University Press, New York. Baye, Michael R. (2010), Managerial Economics and Business Strategy, 7th Edition, McGraw-Hill Irwin, New York (2480)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2025-03-14 00:45:02 sesuai RPS Online