1300F16A Metodologi Penelitian

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan bagi mahasiswa khususnya jurusan ilmu ekonomi untuk memahami dan mengerti metode pembuatan karya tulis ilmiah dalam rangka penyusunan tugas akhir yang sesuai dengan etika penelitian ilmiah yang sistimatis dan terarah sehingga dapat menghasilkan karya tulis yang dapat dipertanggung jawabkan. Mata kuiiah ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami hakikat dari penelitian, metode, jenis dan proses penelitian, bagaiman mereview literatur yang digunakan, membangun formulasi masalah penelitian, identifikasi variabel-variabel penelitian, merumuskan dan menguji hypothesis, maupun mendesain penelitian serta menentukan metode pengumpulan data, validitas dan reliabilitas dan cara penulisan proposal maupun laporan penelitian. Fokus pembelajaran: (1) Hakikat, Metode, Jenis, Proses Penelitian serta Review Literatur (2) Formulasi Masalah, Identifikasi Variabel Penelitian dan Merumuskan Masalah (3) Menguji Hipothesis dan Desain Penelitian (4) Metode Pengumpulan Data, Validitas dan Reliabilitas serta Metode Sampling (5) Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu memahami, mengetahui, dan menjelaskan mengenai Hakikat, Metode, Jenis, dan Proses Penelitian serta Review Literatur. Mahasiswa mampu membuat Formulasi Masalah penelitian , dan dapat mengidentifikasi variabel - variabel Penelitian baik variabel independen maupun variabel dependen. Mahasiswa mampu Merumuskan dan Menguji Hipothesis dan membuat Desain Penelitian. Mahasiswa mampu menjelaskan bagaimana Metode Pengumpulan Data, Validitas dan Reliabilitas serta Metode Sampling. Mahasiswa mampu mengambil keputusan dan menjelaskan untuk pilihan bagaiman Penulisan Proposal dan Laporan Penelitian.

Pengetahuan Awal

Statistik Bisnis II Bahasa Indonesia dan Teknis Penulisan Akademik Telah Menempuh SKSkm : 90 SKS dengan IPkm > 3 atau 96 SKS dengan IPkm < 3<%2%1%>

Referensi Umum

  • Etta Mamang Sangaji dan DSopiah, 2010, Metode Penelitian Pendekatan Praktis Dalam Penelitian, CV Andi Offset,Yogyakarta()
  • Mudrajat Kuncoro, 2012, Metode Risert untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta()
  • Ranjit Kumar, 1996, Research Methodology, a step by step guide for Beginners, Longman, Australia()
  • Rully Indrawan dan Poppy Yuniawati, 2014, Metodologi Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan, PT Refika Aditama, Bandung()
  • S.Nasution, 2003, Metode Research: Penelitian Ilmiah, Jakarta: PT Bumi Aksara()
  • Uma Sekaran and Roger Bougie, 2010, Research Methods for Business ; A Skill Building Approach, Fifh edition, John Wiley and Sons Ltd, United Kingdom()

Referensi Buku Pustaka

  • Pahleviannur, Muhammad Rizal, et al..(2022).Metodologi Penelitian Kualitatif..ISBN 978-623-99688-1-6.
  • Priadana, M. Sidik, et al..(2021).METODE PENELITIAN KUANTITATIF..ISBN 978-623-98598-8-6.
  • Amruddin, , et al..(2022).Metodologi Penelitian Kuantitatif..ISBN 978-623-99688-7-8.

Update: 2024-05-14 00:45:01 sesuai RPS Online