14051104 Pengantar Filsafat (Ilmu dan Logika)

Capaian pembelajaran yang hendak dicapai mata kuliah ini adalah: a.Keterampilan Umum (KU): (1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengmebangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; (2) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; (3) Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan imolementasi bidang keahlian. b.Penguasaan Pengetahuan: menguasai falsafah keilmuan dan kemanusiaan, serta sejarah dan aliran-aliran psikologi, konsep teoritis utama (major concepts) tentang proses, kepribadian, dan fungsi mental manusia (seperti memori, emosi, dan motivasi), dalam kontek pengembangan karir mahasiswa. c.Keterampilan Khusus: mampu melakukan penelitian psikologi secara etis, dengan pendekatan kualitatif generik dan kuantitatif (survei dan eksperimen), serta menganalisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial.

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu menjelaskan secara tepat konsep tentang filsafat, pengetahuan, dan ilmu pengetahuan, serta menjelaskan dasar-dasar filosofis yang mendasari ilmu pengetahuan dan metode penelitian (kualitiatif, kuantitatif, dan mixed-methods) dalam ilmu psikologi; serta mampu membangun sikap kritis dengan mengidentifikasi argumen dan bagian-bagiannya (premis dan klaim); membedakan argumen deduktif, induktif, dan presumtif/plausible; mengklasifikasi argumen berdasarkan jenis-jenis premisnya; menerapkan prinsip-prinsip berpikir kritis untuk mengevaluasi kuat-lemahnya argumen dari beragam skema.

Pengetahuan Awal

Tidak ada mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah ini.

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

  • Creswell, John W., et al..(2016).Qualitative Inquiry & Research Design + Mixed Methods Research..ISBN 9781506381282.

Update: 2025-03-14 00:45:03 sesuai RPS Online