14052201 Perkembangan Anak
Mata kuliah ini memberikan pembekalan konsep teoritik mengenai perkembangan individu yakni aspek fisik, kognitif, dan sosial-emosi pada masa bayi hingga anak- anak sebagai dasar untuk menganalisis kasus perkembangan anak-anak, sesuai dengan capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan) yakni menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam konteks perkembangan individu untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan perkembangan anak di perkotaan. Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan diskusi kritis mengenai keterkaitan antara konsep dan teori perkembangan dan fakta-fakta perkembangan anak di lapangan.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa agar mampu mengidentifikasi karakteristik perkembangan dan menjelaskan sebab-akibat dari kondisi perkembangan anak berdasarkan prinsip-prinsip perkembangan manusia, teori psikologi perkembangan, dan karakteristik perkembangan pada tahap-tahap perkembangan anak berdasarkan fakta di lapangan melalui proses diskusi kelompok dan mempresentasikan hasil kajian dalam forum akademik.
Pengetahuan Awal
Tidak ada prasyarat dalam mata kuliah ini
Referensi Umum
- Crain, W. (2014). Theories of Development Concepts and Applications. (6th Ed). UK : Pearson Education Limited(1215)
- Santrock, J.W. (2018). A Topical Approach to Life-Span Development. ( 9th Ed). New York : Mc Graw Hill Education(1214)
- Santrock, J.W., (2010). Life-Span Development. (13th ed.). New York : Mc Graw Hill Education (UTAMA)(1213)