14056602 Coaching, Mentoring & Counseling
Matakuliah ini memberikan pembekalan konsep teoretik dan praktik dengan supervisi mengenai penerapan kemampuan dasar intervensi coaching, mentoring, dan counseling sebagai salah satu bentuk intervensi terhadap permasalahan individu dalam ranah keluarga, pendidikan, industri organisasi dan urban community mulai dari tahap identifikasi masalah, pencarian alternatif solusi, sampai dengan rencana tindakan penyelesaian masalah. Selain itu, matakuliah ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempraktikkan keterampilan dasar komunikasi dan teknik-teknik identifikasi masalah, penetapan tujuan intervensi, sampai dengan penetapan strategi penyelesaian masalah klien secara individual melalui roleplay dan analisis kasus.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa agar mampu mempraktikkan salah satu intervensi coaching, mentoring, atau counseling individual berdasarkan kajian teori intervensi psikologi secara kritis dan etis Capaian pembelajaran tersebut diperoleh melalui pencapaian beberapa sub capaian pembelajaran yang merupakan bagian-bagian dari suatu proses intervensi.Sub capaian pembelajaran terdiri dari tiga tahap yaitu : -Mampu menetapkan bentuk intervensi psikologi sesuai dengan kasus/permasalahan klien, berdasarkan kajian kritis terkait pemahaman teori-teori yang relevan. -Mampu mempraktikkan keterampilan komunikasi terapeutik dalam memfasilitasi klien mengidentifikasi masalah menggunakan kerangka teori yang relevan, serta sesuai etika. -Mampu mempraktikkan keterampilan komunikasi terapeutik dalam memfasilitasi klien untuk menetapkan tujuan, strategi dan rencana tindakan penyelesaian masalah terkait kebutuhan klien sesuai dengan jenis intervensi yang dijalankan (coaching, mentoring, konseling) berdasarkan kode etik. Kompetensi Softskills : -Keterampilan berpikir kritis: mampu menerapkan prinsip-prinsip berpikir kritis dalam mengajukan dan mengevaluasi argumen mengenai penyebab permasalahan individu dalam proses coaching, mentoring, dan counseling -Komunikasi: mampu menyampaikan gagasan dengan kalimat yang efisien dan efektif, dengan tata bahasa yang baku secara lisan maupun tertulis.
Pengetahuan Awal
Posisi mata kuliah ini berada di semester 6, sehingga diharapkan beberapa kompetensi yang telah dicapai dari mata kuliah sebelumnya mendukung pencapaian kompetensi di mata kuliah ini. Beberapa mata kuliah yang mendukung adalah Observasi Wawancara, Kesehatan Mental, Asesmen Dewasa, Psikologi Kepribadian, Psikologi Pendidikan, Perkembangan Remaja dan Dewasa, Psikologi Umum, Perilaku Organisasi
Referensi Umum
- Corey, Gerald. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th ed.). USA: Brooks/Cole.(2008)
- Egan, Gerard. (2014). The Skilled Helper: A Problem-Management and Opportunity-Development Approach to Helping (10th ed.). USA: Brooks/Cole.(2007)
- Kraus, R., Stricker, G., & Speyer, C. (2011). Online Counseling: A handbook for mental health professionals (2nd ed). Elsevier. (2012)
- Leedham, M., & Parsloe, E. (2009). Coaching & Mentoring (2nd ed). London & Philadephia: Kogan Page.(2011)
- Stone, F.M. (2007). Coaching, Counseling, & Mentoring (2nd ed). American Management Association.(2010)
- Wilson, Carol. (2007). Best Practice in Performing Coaching: A Handbook for Leaders, Coaches, HR Professionals, and Organizations. London and Philadelphia: Kogan Page.(2009)
Referensi Buku Pustaka
- Egan, Gerard, et al..(2013).The Skilled Helper: A Problem-Management and Opportunity-Development Approach to Helping..ISBN 9781285065717.
- Corey, Gerald, et al..(2013).Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy..ISBN 9781133309123.
- Wilson, Carol, et al..(2011).Best Practice in Performance Coaching..ISBN 9780749463540.
- Stone, Florence M., et al..(2007).Coaching, Counseling & Mentoring..ISBN 9780814473856.
- Kraus, Ron, et al..(2010).Online Counseling..ISBN 9780123785961.
- Parsloe, Eric, et al..(2016).Coaching and Mentoring..ISBN 9780749477622.