1608C09I Special Topic in Animation

Mahasiswa mempelajari dan mempraktekkan konsep dan teknik membuat kontroller untuk membuat ekspresi dan tubuh karakter di media tiga dimensi. Mahasiswa juga belajar membuat gerakan tubuh yang nantinya dikombinasi dengan ekspresi wajah serta dialog sehingga karakter akan terlihat hidup dan mempunyai karisma.

Capaian Pembelajaran

Mampu membuat kontroler mulai dari kaki hingga kepala beserta kontroller ekspresi di wajah sesuai anatomi karakter yang dibuat. Mampu berpikir kreatif serta mampu memberi solusi dari permasalahan mekanisme joint dan topologi model karakter. Mampu mengekspresikan perasaan di karakter melalui dialog. Mampu mengkomunikasikan bahasa tubuh dari karakter yang digerakkan sehingga menimbulkan persepsi yang selaras dengan reviewers.

Pengetahuan Awal

3D ANIMATION (1608C053)

Referensi Umum

  • David Kalwick, 2006, Animating Facial Features & Expressions, 2nd Edition,(5227978-1584504740)
  • Delano Athias, 2013, Facial Rigging for Games in 3ds Max, http://www.Digitaltutors.com(5228)
  • Eadweard Muybridge, 1955, The Human Figure in Motion (5230978-0486202044 )
  • Jason Osipa, 2010, Stop Staring: Facial Modeling and Animation Done Right 3rd Edition(5226978-0470609903)
  • Mark Simon, 2005, Facial Expressions: A Visual Reference for Artists(5223978-0823016716)
  • Mark Simon, 2008, Facial Expressions Babies to Teens: A Visual Reference for Artists(5224978-0823096152)
  • Ollie Johnston & Frank Thomas, 1995, The Illusion of Life: Disney Animation(5229978-0786860708 )
  • Sarah Simblet, 2001, Anatomy for the Artist(5225978-0789480453)

Referensi Buku Pustaka

  • Simon, Mark, et al..(2005).Facial Expressions..ISBN 9780823016716.
  • Simblet, Sarah, et al..(2001).Anatomy for the Artist..ISBN 9780789480453.
  • Kalwick, David J., et al..(2006).Animating Facial Features and Expressions..ISBN 9781584504740.

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online