1701D1F1 Biologi Dasar

Biologi dasar merupakan matakuliah dasar yang diberikan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai biologi mulai dari level molekul sampai ekosistem. Matakuliah ini menjadi matakuliah dasar yang akan menunjang matakuliah lanjut seperti, Biologi sel, anatomi dan morfologi tumbuhan dan Fisiologi Hewan.

Capaian Pembelajaran

Kompetensi dasar yang menyusun capaian pembelajaran tersebut adalah: 1. Mampu menjelaskan organisasi mahluk hidup mulai tingkat sel sampai ekosistem. 2. Mampu membuat persamaan dan perbedaan dari tiga domain dan 5 kingdom dalam pengelompokan mahsluk hidup. 3. Mampu menjelaskan struktur dan fungsi dari masing-masing bagian sel. 4. Mampu menyebutkan struktur umum dari hewan dan tumbuhan serta menjelaskan fungsi-fungsi yang terjadi di dalam tubuh hewan dan tumbuhan. 5. Mampu menjelaskan hubungan antara pembelahan sel dengan pewarisan sifat 6. Mampu menjelaskan interaksi antara mahluk hidup dengan lingkungannya.

Pengetahuan Awal

Mahasiswa aktif Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya

Referensi Umum

  • Reece, J. B., L. A. Urry, M. L. Cain, S. A. Wasserman, P. V. Minorsky, R. B. Jackson. 2014. Campbell biology, 10th ed. Pearson, New York.(902)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online