1701D1F2 Etika dan Pengantar Bioteknologi

Matakuliah ini berupa wawasan mengenai aplikasi keilmuan Bioteknologi di berbagai bidang seperti kesehatan, tanaman, lingkugan dan akuakultur. Matakuliah ini bermaksud memberikan wawasan umum kepada mahasiswa tentang ilmu Bioteknologi, aplikasinya dan juga perkembangan terkini sebagai modal awal untuk dapat memotivasi dan menimbulkan rasa tertarik untuk memahami topik-topik Bioteknologi selanjutnya. Mata kuliah ini menyumbang pada pengembangan capaian pembelajaran (kompetensi lulusan) Program Studi Biologi yaitu memahami etika dan aturan bioteknologi yang berlaku nasional dan internasional, terutama terkait produk rekayasa genetika. Selain itu, mata kuliah ini juga mengembangkan dua jenis keterampilan generik (soft skill), yaitu kerja sama kelompok dan keterampilan komunikasi serta pengembangan wawasan berpikir dalam bentuk penulisan artikel ilmiah yang akan diikutsertakan dalam kompetisi PKM-GFT SIMBelmawa Kemenristekdikti dan dipresentasikan di depan kelas di minggu terakhir perkuliahan. Penilaian tugas proposal PKM-GFT dengan bobot 54% dari nilai akhir.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu berkreasi menuangkan ide/gagasan yang inovatif di ranah kognitif dan afektif, serta dikomunikasikan dalam bentuk presentasi yang memenuhi kaidah ilmiah, dan dihasilkan melalui kerja sama kelompok yang efektif. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: 1. Pemahaman sejarah bioteknologi dan konsep dasar manipulasi gen dan protein 2. Pemahaman bioteknologi mikroorganisme dan aplikasinya pada lingkungan 3. Pemahaman bioteknologi bidang forensik 4. Pemahaman bioteknologi perairan 5. Pemahaman bioteknologi kesehatan 6. Pemahaman bioteknologi tanaman dan aplikasinya di bidang pertanian 7. Pemahaman bidang bioteknologi hewan 8. Pemahaman pengaturan dan etika bioteknologi (hewan dan tanaman)

Pengetahuan Awal

Tidak ada mata kuliah yang menjadi prasyarat untuk bisa mengikuti mata kuliah ini.

Referensi Umum

  • Bhojwani, S.S. and M.K Razdan. 2007. Plant Tissue Culture: Theory and Practice, a Revised Edition. Elsevier. Amsterdam. 749 p. (920)

Referensi Buku Pustaka

  • Davey, Michael R., et al..(2010).Plant Cell Culture..ISBN 9780470686485.

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online