1701D1F3 Kimia Dasar

Mata kuliah ini memperkenalkan latar belakang, konsep dan teori-teori kimia. Termasuk didalamnya akan mendiskusikan berbagai teori yang melatarbelakangi munculnya ilmu kimia modern. Pada matakuliah ini mahasiswa juga diingatkan kembali mengenai konsep atom, struktur kimia, ikatan yang terdapat pada kimia termasuk ilmu tentang larutan dari sudut pandang kimia. Mata kuliah ini menyumbang pengembangan capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu menguasai konsep dasar kimia. Konsep dan teori yang dipelajari dalam mata kuliah ini dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mendalami pengertian tentang penggunaan dasar-dasar kimia dalam mempelajari makluk hidup dan teknik-teknik annalisanya lebih lanjut. Lebih lanjut, matakuliah ini juga memberikan pengertian mengenai bagaimana sifat-sifat molekul berpengaruh terhadap sifat larutan dan bagaimana penanganan molekul-molekul tersebut.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu mengerti konsep-konsep kimia sampai pada tingkat atom dan molekul dan keterkaitannya terhadap sifat-sifatnya dalam larutan dan reaksi-reaksi kimia yang terjadi. Selanjutnya mahasiswa juga mampu menggunakan konsep-konsep dasar kimia tersebut dalam perhitungan-perhitungan yang akan dipergunakan lebih jauh dalam kimia analitik ataupun memahami reaksi-reaksi yang dipaparkan pada ilmu biokimia dan kimia organik. Selanjutnya mahasiswa diharapkan mampu mnegkomunikasikan tingkat pemahaman materi yang telah dipelajari dalam bentuk diskusi dan pemaparan di depan kelas. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: 1. Menjelaskan bagaimana sifat-sifat atom dan bagaimana atom tersebut disusun dalam sistem periodik. 2. Menjelaskan bagaimana sifat-sifat atom yang berbeda dapat saling berinteraksi satu sama lain dalam sutau ikatan kimia untuk membentuk senyawa tertentu. 3. Mengerti dan mampu menjelaskan bagaimana senyawa yang telah terbentuk berlaku dan bersifat dalam suatu larutan. Kelakuan dan sifat yang dimaksud termasuk penentuan konsentrasi larutan, sifat koligatif larutan dan kesetimbangan kimia yang terdapat dalam larutan juga kecepatan reaksi yang terdapat pada suatu larutan. 4. Menjelaskan bagaimana beberapa sifat fisiko kimia seperti dalam termodinamika/termokimia, reaksi redoks ataupun elektrokimia dapat didekati melalui penelaan ilmu-ilmu kimia dasar.

Pengetahuan Awal

Sebagai matakuliah yang diajarkan pada semester satu untuk program studi biologi, tidak diperlukan persyaratan khusus bagi mahasiswa yang ingin mengikuti matakuliah ini.

Referensi Umum

  • Basic Chemistry (4th Edition) 4th Edition by Karen C. Timberlake (Author) and William Timberlake (2351)
  • Understanding Basic Chemistry, The Learners Approach By: Kim Seng Chan (Victoria Junior College, Singapore) and Jeanne TanLing(2352)

Referensi Buku Pustaka

  • Prep, Sterling Test, et al..(2022).College Chemistry..ISBN 9781954725997.

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online
Dosen/PJMK: Sulistyo Emantoko