1701D1F5 Fisika Dasar

Salah satu kompetensi utama yang diharapkan dari lulusan S1 Biologi adalah menguasai konsep dasar biofisika. Untuk itu, lulusan S1 Biologi harus dibekali dengan konsep-konsep dasar fisika serta penerapannya dalam bidang biologi. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan tentang peran fisika dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam bidang teknobiologi. Mahasiswa diharapkan memiliki bekal tentang konsep dasar besaran dan satuan, konversi satuan, mekanika, energi dalam sistem biologi, fluida, termofisika, termodinamika, kelistrikan serta cahaya dan interaksinya dengan materi. Mekanika yang diajarkan adalah mekanika benda partikel, sementara perilaku fluida yang dipelajari dibatasi pada fluida yang tidak viskos, baik dalam keadaan statik maupun dalam keadaan dinamik/mengalir secara laminer. Mata kuliah Fisika Dasar ini lebih menekankan pada pengajaran secara konsep, untuk membedakannya dengan pengajaran Fisika di SMA yang lebih mengacu pada berbagai rumus. Setelah penyampaian konsep suatu sifat fisis, diberikan contoh soal untuk penguatan konsep dan diakhiri dengan latihan soal. Matematika yang digunakan dalam memecahkan persoalan-persoalan yang ada adalah matematika dasar (aljabar). Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memperoleh dasar-dasar fisika yang dibutuhkan bagi mata kuliah di tingkat lanjut.

Capaian Pembelajaran

Mata kuliah ini mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menguasai konsep dasar biofisika dan kemampuan mahasiswa untuk berpikir logis. Kompetensi dasar yang mendukung capaian pembelajaran tersebut adalah: 1. Mahasiswa dapat mengenal gejala fisis sehari-hari. 2. Mahasiswa dapat memahami, menguasai, dan mengimplementasikan konsep-konsep dasar Fisika dalam menyelesaikan persoalan umum (kasus sehari-hari) dan secara khusus di bidang Teknobiologi yang berkaitan dengan Fisika. 3. Mahasiswa memperoleh dasar-dasar fisika bagi mata kuliah selanjutnya.

Pengetahuan Awal

Untuk dapat mengikuti mata kuliah ini dengan baik, mahasiswa diharapkan menguasai dan memahami perhitungan-perhitungan matematika dasar seperti perkalian, pembagian, bangun datar, persamaan, dan trigonometri (sinus, cosinus, tangen).

Referensi Umum

  • D. C. Giancoli., "Physics: Principles with Applications", 7th ed., Pearson Education, Inc., 2014, USA.(907)
  • D. C. S. White, "Biological Physics", Chapman and Hall, 1974, London. (910)
  • F. R. Hallet, P. A. Speight, R. H. Stinson, "Physics for the Biological Sciences: A Topical Approach to Biological Concepts", Methuen Publications, 1982, Canada. (909)
  • Martin Zinke-Allmang, Ken Sills, Reza Nejat, Eduardo-Galiano Riveros, "Physics for the Life Sciences", 2nd ed., Nelson, 2012, Canada.(908)
  • Slide ppt, text book(4897)

Referensi Buku Pustaka

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online