1701D1F6 Praktikum Fisika Dasar

Salah satu kompetensi utama yang diharapkan dari lulusan S1 Biologi adalah memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim dan memiliki ketekunan, kesabaran, serta daya juang (keuletan) yang tinggi. Untuk itu, lulusan S1 Biologi harus dibekali dengan kemampuan untuk melakukan berbagai pendekatan terhadap suatu masalah termasuk eksperimen dan analisis data yang menjadi fokus mata kuliah ini. Pengetahuan dan keterampilan mengenai eksperimen juga akan berguna untuk ketika mahasiswa melakukan penelitian tugas akhir di semester 8. Mata kuliah Praktikum Fisika Dasar memberikan pembekalan kepada mahasiswa tentang pengukuran besaran fisis dan pengolahan data. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menggunakan alat-alat ukur seperti jangka sorong, mikrometer sekrup, stopwatch, neraca digital, amperemeter, voltmeter, densimeter, dan peralatan laboratorium fisika dasar lainnya serta mampu mengolah dan menafsirkan error data hasil percobaan dalam suatu laporan. Mahasiswa diharapkan mampu bekerja sama dalam tim untuk menganalisis peristiwa fisis sehari-hari melalui kegiatan praktikum fisika dasar yang meliputi kalor, kelistrikan, viskositas, perpindahan kalor, optik, energi dan kekekalan energi serta mekanika.

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu menggunakan alat-alat ukur seperti jangka sorong, mikrometer sekrup, stopwatch, neraca digital, amperemeter, voltmeter, densimeter, dan peralatan laboratorium fisika dasar lainnya serta mampu mengolah dan menafsirkan error data hasil percobaan dalam suatu laporan. Mahasiswa diharapkan mampu bekerja sama dalam tim untuk menganalisis peristiwa fisis sehari-hari melalui kegiatan praktikum fisika dasar yang meliputi kalor, kelistrikan, viskositas, perpindahan kalor, optik, energi dan kekekalan energi serta mekanika. Mahasiswa mampu untuk bekerja sama dalam tim. Selain itu, mata kuliah ini mendorong mahasiswa agar memiliki ketekunan, kesabaran, serta daya juang (keuletan) yang tinggi.

Pengetahuan Awal

Untuk dapat mengikuti mata kuliah Praktikum Fisika Dasar dengan baik, mahasiswa diharapkan telah menguasai dan mengerti tentang konsep fisika, perhitungan matematika dasar seperti aljabar dan mengerti perhitungan statistik dasar. Pemahaman cara menggunakan alat ukur dan cara menggunakan peralatan perlu dipahami terlebih dulu demi kelancaran praktikum fisika dasar.

Referensi Umum

  • Muhammad Hikam, Pamulih B. Prasetyo, & Djonaedi Saleh, "Eksperimen Fisika Dasar", 2005, Kencana Prenada Media, Jakarta(914)
  • Paul Robinson, "Conceptual Physics, Laboratory Manual", 11th ed., 2010, Addison-Wesley.(913)
  • Philip R. Bevington & D. Keith Robinson, "Data Reduction and Error Analysis for the Physical Sciences", 3rd ed., 2003, McGraw-Hill Book Company, Inc., New York(912)
  • Tim Dosen Fisika Ubaya, Petunjuk Praktikum Fisika, Universitas Surabaya, 2023.(911)

Referensi Buku Pustaka

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online