1701D3F4 Fisiologi Tumbuhan

Capaian pembelajaran program studi yang dibebankan pada mata kuliah ini meliputi Hard skill: Mahasiswa menguasai (C2) konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi (C3) pengetahuan biologi pada bidang sumberdaya hayati dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya. Selain itu, mahasiswa juga mampu menunjukkan hubungan antara (C4) ilmu yang diperoleh pada topik perkuliahan satu dengan yang lain dan dapat menyebutkan (C1) contohnya. Ini sesuai dengan CP Prodi bidang Penguasaan Pengetahuan. Mahasiswa mempraktekkan kegiatan projek/ penelitian sederhana (P1), sesuai dengan CP Prodi bidang Keterampilan Khusus Soft skill: Mahasiswa menerapkan (A2) pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya sejalan dengan CP Prodi bidang Keterampilan Umum. Mata kuliah ini penting karena merupakan mata kuliah dasar yang mendukung tercapainya pemahaman pada mata kuliah lain yang lebih kompleks seperti Kultur Jaringan Tanaman dan mata kuliah wajib peminatan lain di dalam peminatan Bioteknologi Tanaman seperti Perbanyakan Tanaman, Fitopatologi, Bioteknologi Tanaman, dan sebagainya.Selain itu mata kuliah ini juga searah dengan CP Fakultas Teknobiologi Ubaya. Ringkasan bahan kajian Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang menjelaskan tentang konsep dasar Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Absorpsi dan transpor hara mineral, Asimilasi Nitrogen, Sulfur, Fosfor dan kation, Fotosintesis dan transpor fotosintetat, Respirasi, Hormon tumbuhan, Fotoperiodisme, Stres abiotik, Stres biotik, Metabolit sekunder, dan Reproduksi. Posisi mata kuliah Mata kuliah ini ada di semester III, dapat ditempuh apabila mahasiswa telah mengambil mata kuliah Biologi Dasar, Anatomi Morfologi Tumbuhan, dan Biologi Sel. Mata kuliah ini mendukung mata kuliah Kultur Jaringan Tanaman, Perbanyakan Tanaman, Fitopatologi, dan Bioteknologi Tanaman.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran (CP) atau standar kompetensi mata kuliah: mahasiswa mampu menguasai (C2) konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi (C3) pengetahuan biologi pada bidang sumberdaya hayati dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya. Selain itu, mahasiswa juga mampu menunjukkan hubungan antara (C4) ilmu yang diperoleh pada topik perkuliahan satu dengan yang lain dan dapat menyebutkan (C1) contohnya; mahasiswa mempraktekkan kegiatan projek/ penelitian sederhana (P1). Selain itu mahasiswa mampu menerapkan (A2) pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya Kemampuan akhir atau kompetensi dasar Mahasiswa mampu mensimulasikan proses-proses yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan seperti Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Absorpsi dan transpor hara mineral, Asimilasi Nitrogen, Sulfur, Fosfor dan kation, Fotosintesis dan transpor fotosintetat, Respirasi, Hormon tumbuhan, Fotoperiodisme, Stres abiotik, Stres biotik, Metabolit sekunder, dan Reproduksi. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hasil dari suatu praktikum yang dilakukannya bersama teman dalam wujud laporan hasil praktek.

Pengetahuan Awal

Mahasiswa yang bermaksud mengikuti mata kuliah ini, harus sudah pernah mengikuti mata kuliah Biologi Dasar di semester I, Anatomi Morfologi Tumbuhan dan Biologi Sel di Semester II. Pengetahuan dasar yang dibutuhkan adalah fungsi alat-alat tubuh tumbuhan yang sebagian kecil sudah pernah diperoleh di mata kuliah Biologi Dasar, Anatomi Morfologi Tumbuhan, dan Biologi Sel.

Referensi Umum

  • Ramawat, K.G. 2006. Plant Biotechnology. S. Chand and Co Ltd, New Dehli.(2906)
  • Taiz, L. , and Zeiger, E. 2010. Plant Physiology. Sinaeur Associates(29050878935657)

Referensi Buku Pustaka

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online