1701D3F5 Praktikum Kimia Organik

Mata kuliah ini memberikan pembekalan dan mempraktekkan tentang cara sintesis dan pemurnian senyawa-senyawa organik, serta cara isolasi senyawa dari bahan alam. Materi yang disampaikan pada mata kuliah ini dimaksudkan untuk memperdalam dan sekaligus mempraktekkan konsep-konsep yang telah dipelajari pada mata kuliah sebelumnya yaitu Kimia Organik. Beberapa konsep yang dipraktekkan antara lain metode-metode sintesis beserta teori mekanisme dan pemurniannya untuk beberapa senyawa organik seperti senyawa anilin, asam sulfanilat, etil asetat, eter, metal salisilat, dan asetil salisilat. Selain itu, mata kuliah ini juga memperdalam dan sekaligus mempraktekkan metode isolasi senyawa bahan alam seperti kafein dan eugenol. Lebih jauh mata kuliah ini juga memberikan pengertian dan pengalaman kepada mahasiswa mengenai beberapa metode isolasi senyawa (fitokimia) dari bahan alam (tumbuhan) sehingga diharapkan mahasiswa dapat memahami dan menerapkannya dalam mata kuliah lanjut hingga tugas akhir maupun pasca studi.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu menguasai dasar-dasar ilmiah dalam bidang sintesis kimia organik dan isolasi senyawa dari bahan alam serta memiliki kemampuan melakukan eksperimen dalam bidang sintesis dan isolasi senyawa organik. Lebih jauh mahasiswa juga memiliki kemampuan untuk menerapkan sains dan prinsip analisa untuk menyelesaikan masalah pada proses sintesis dan isolasi senyawa organik Selanjutnya mahasiswa diharapkan mampu mengkomunikasikan tingkat pemahaman materi yang telah dipelajari dalam bentuk tertulis dan diskusi serta pemaparan di depan kelas. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: A) kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep-konsep dasar dalam sintesis, pemurnian, metode isolasi senyawa organik dan fitokimia B) Kemampuan mahasiswa dalam memahami sifat-sifat fisika dan kimia beberapa jenis senyawa organik dan fitokimia C) Kemampuan mahasiswa untuk memanfaatkan perangkat teknik terkini untuk mendukung aktivitas sintesis, pemurnian, metode isolasi senyawa organik dan fitokimia D) kemampuan mahasiswa untuk menerapkan sains dan prinsip analisa untuk menyelesaikan masalah pada proses sintesis dan pemurnian senyawa organik dan kemampuan merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah isolasi-analisa senyawa fitokimia dari bahan alam dengan memperhatikan faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, sosial dan lingkungan.

Pengetahuan Awal

Sebagai matakuliah yang diajarkan pada semester tiga untuk program studi biologi, maka mahasiswa yang ingin mengikuti matakuliah ini harus lulus mata kuliah Kimia Organik (.........).

Referensi Umum

  • Diktat dan Modul Penuntun Praktikum Kimia Organik, Departemen MIPA Fakultas Teknik Universitas Surabaya(2909)
  • Harborne, J.B., Metode Fitokimia; Penuntun cara modern menganalisa tumbuhan, edisi 2, Penerbit ITB, 1987(2910)
  • Vogels, Textbook of Practical Organic Chemistry, 5th ed., Longmans, London, 1984(2907)

Referensi Buku Pustaka

  • Leonard, John, et al..(2013).Advanced Practical Organic Chemistry..ISBN 9781466593541.

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online