1702B3F1 Manajemen Produk dan Pemasaran

Matakuliah ini memperkenalkan mahasiswa pada konsep dan aplikasi pengembangan produk dan pemasaran sebagai aktivitas pemasaran. Mata kuliah ini menyumbang pada pengembangan capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu mampu melakukan perencanaan pengembangan produk dan pemasaran berbasis data pasar yang aktual secara tepat. Konsep dan teori yang dipelajari dalam mata kuliah ini menjadi fondasi bagi mahasiswa ketika mempelajari strategi pemasaran di tahap berikutnya. Materi kuliah ini juga dapat menjadi kerangka teoretis bagi skripsi yang diambil. Mata kuliah ini diharapkan memberikan keterampilan generik (soft skill), yaitu kerja sama kelompok dan keterampilan komunikasi tertulis dan lisan.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akanmampu mampu menyusun perencanaan pengembangan produk dan pemasaran berbasis data pasar yang aktual secara tepat. Hal ini dikomunikasikan dalam tugas kelompok berbentuk rencana pengembangan produk dan praktik penjualan yang disajikan secara lisan dan tulisan melalui kerja kelompok yang efektif. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: 1. Mampu menjelaskan tujuan dan peluang pemasaran, pengembangan produk baru dan analisis lingkungan bisnis/industri terkait serta komunikasi pemasarannya. 2. Mampu menguraikan roadmappengembangan penyempurnaan dan pemantauan suatu produk baru. 3. Mampu menjelaskan dan mengaplikasikan komunikasi pemasaran, bauran pemasaran, dan brandingdari peluncuran produk baru 4. Mampu menyusun roadmap produk baru, pemberian harga, dan komunikasi pemasaranyang memberikan nilai kepada pelanggan 5. Mampu menyusun rencana pemantauan kinerja peluncuran dan pemasaran produk baru maupun produk eksisting. Untuk keterampilan generik, setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan mampu bekerja sama dalam kelompok kecil (4-5 mahasiswa) dalam kurun waktu 4 sampai 5 minggu untuk menyusun rencana pengembangan produk baru, pemasaran, dan penetapan harga secara tertata, argumentasi yang logis, dan bebas dari plagiarisme.

Pengetahuan Awal

Tidak ada prasyarat formal dalam mata kuliah Manajemen Produk dan Pemasaran. Namun, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan membaca teks akademik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Calon peserta kuliah diharapkan juga memiliki keterampilan menjalankan komputer dan akses internet yang baik,terutama untuk mencari informasi di internet dan membuat tugas dan melakukan presentasi. Peserta didik juga diharapkan mampu mengambil data primer di perusahaan yang akan dikembangkan menjadi rencana bisnis lebih lanjut.

Referensi Umum

  • Advertising & Promotion, Belch & Belch.(4081)
  • Annachino, Marc A., (2003), New Product Development, Elsevier, Georgia(4078)
  • Lawley, Brian, (2007), Expert Product Management, 280 Group LLC, California. (4077)
  • Marketing Management, Philip Kotler.(4080)
  • Nagle, Thomas T., John E. Hogan, Joseph Zale, 2011, The Strategy and Tactics of Pricing, Prentice Hall, fifth edition, Singapore.(4079)
  • Selling & Sales Management, David Jobber & Geoff Lancaster, Prentice Hall, UK, 2000, fifth edition. (4082)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online