954001 Desain Latbang Klinis/Pendidikan/PIO

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar tentang Pelatihan dan Pengembangan dalam konteks sebuah organisasi, mulai dari apa itu pelatihan, bagaimana cara mendesain pelatihan untuk sebuah organisasi, metode-metode pelatihan yang bisa digunakan, bagaimana cara melaksanakan pelatihan, bagaimana cara mengevaluasi pelatihan, hingga perkembangan isu-isu pelatihan mutakhir. Mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan desain, pelaksanaan, dan evaluasi pelatihan melalui serangkaian penugasan. Mahasiswa akan didorong untuk mempertimbangkan berbagai metode selain classroom training

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis teori dan praktik pelatihan, serta mendesain pelatihan dalam konteks sebuah organisasi/perusahaan. Untuk mencapai capaian pembelajaran tersebut, ada beberapa kemampuan yang perlu dikembangkan, termasuk Kompetensi untuk melakukan proses Training Needs Analysis (TNA) dalam sebuah organisasi sesuai dengan format ADDIE, Kompetensi untuk mendesain sebuah program pelatihan tatap muka sesuai dengan kerangka ADDIE dan dengan mempertimbangkan hasil Needs Analysis dan pengetahuan terbaru seputar pelatihan, Kompetensi untuk memilih metode-metode pelatihan tatap muka yang tepat sesuai dengan latarbelakang peserta dan pengetahuan terbaru seputar pelatihan, Kompetensi untuk melakukan delivery dan memfasilitasi sebuah proses pembelajaran di organisasi, termasuk pelatihan, serta Kompetensi untuk melakukan proses evaluasi pelatihan secara tatap muka sesuai dengan kerangka teori Kirkpatrick

Pengetahuan Awal

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

  • Stolovitch, Harold D., et al..(2011).Telling Ain't Training, 2nd edition..ISBN 9781562867010.
  • Stolovitch, Harold D., et al..(2004).Training Ain't Performance..ISBN 9781562863678.
  • Thalheimer, Will, et al..(2022).Performance Focused Learner Surveys..ISBN 9781941577035.
  • Kirkpatrick, James D., et al..(2016).Kirkpatrick's Four Levels of Training Evaluation..ISBN 9781607280088.
  • Morrison, Gary R., et al..(2012).Designing Effective Instruction..ISBN 9781118359990.
  • Robinson, Dana Gaines, et al..(2015).Performance Consulting..ISBN 9781626562295.
  • Branch, Robert Maribe, et al..(2014).Instructional Design: The ADDIE Approach..ISBN 9781489984234.

Update: 2024-10-23 00:45:05 sesuai RPS Online
Dosen/PJMK: Harijanto Tjahjono