14057717 Interprofessional Education

Mata kuliah ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa tentang soft skills yang dibutuhkan dalam bekerja lintas profesi. Adapun soft skills yang diangkat dalam mata kuliah ini adalah 1) Values and Ethics for Interprofessional Practice; 2) Roles and Responsibilities; 3) Interprofessional Communication; 4) Teams and Teamwork. Tidak hanya itu, pengalaman belajar lintas profesi dapat membantu mahasiswa dalam memahami dan memberikan solusi permasalahan kesehatan mental dengan pendekatan bio-psiko-sosial. Hal ini dibutuhkan oleh lulusan dalam mengkaji kasus-kasus yang muncul di masyarakat, misalnya gangguan kesehatan psikosomatis, pelanggaran etika kesehatan dan lain sebagainya.

Capaian Pembelajaran

Secara umum, capaian dari mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menerapkan 4 kompetensi utama interprofessional education dalam mengkaji kasus-kasus yang membutuhkan kolaborasi lintas bidang profesi secara berkelompok dan mempresentasikannya dalam forum kajian akademik.

Pengetahuan Awal

Mahasiswa telah mengambil dan lulus pada mata kuliah Psikologi Perkotaan, Psikologi Kepribadian dan Kesehatan Mental dan Psikopatologi.

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

  • Reeves, Scott, et al..(2010).Interprofessional Teamwork for Health and Social Care..ISBN 978-1-4051-8191-4.

Update: 2024-10-23 00:45:03 sesuai RPS Online