1702A0T2 Comparative Plant Physiology

Mata kuliah ini mempelajari peran dan mekanisme kerja fitohormon dalam morfogenesis maupun adaptasi tanaman pada lingkungan sub optimum, serta nutrisi hara dan interaksi tanaman dengan mikroorganisme terkait dengan ketahanan dan adaptasi tanaman pada kondisi cekaman. Mata kuliah ini menyumbang pengembangan capaian pembelajaran program studi (kompetensi lulusan), yaitu menguasai konsep-konsep lanjut, temuan dan tren perkembangan terkini terkait bioteknologi di bidang lingkungan hayati dan sumber daya hayati. Konsep dan teori yang dipelajari dalam mata kuliah ini dapat digunakan oleh mahasiswa dalam mengobservasi dan mendalami pengertian tentang peran fitohormon dan nutrisi hara dalam proses adaptasi tanaman pada lingkungan sub optimum, interaksi tanaman dengan mikroorganisme pada kondisi cekaman. Lebih lanjut, matakuliah ini juga memberikan pengertian bagaimana gen tumbuhan dan lingkungan dapat saling berinteraksi yang dapat berakhir pada metabolisme tertentu. Melalui pemahaman akan hal ini diharapkan mahasiswa mampu menggunakan sumberdaya alam hayati Indonesia dalam memecahkan masalah di bidang pertanian khususnya.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: A. Mahasiswa mampu menjelaskan peran dan mekanisme kerja fitohormon. B. Mahasiswa mampu menjelaskan peran nutrisi hara terhadap pertumbuhan dan hasil. C. Mahasiswa mampu menjelaskan interaksi tumbuhan dengan mikroorganisme. D. Mahasiswa mampu menganalisis peran fitohormon, nutrisi hara, dan interaksi dengan mikroorganisme dalam meningkatkan daya adaptasi tanaman pada lingkungan sub optimum.

Pengetahuan Awal

Sebagai matakuliah wajib peminatan yang diajarkan pada semester tiga untuk program magister bioteknologi, mahasiswa tidak perlu memenuhi persyaratan kompetensi yang didapat pada matakuliah program magister bioteknologi yang lain. Namun demikian, mahasiswa harus memiliki pengetahuan memadai tentang dasar-dasar pengetahuan gen dan biologi molekular. Lebih jauh, calon peserta kuliah mau dan mampu membaca teks akademik dalam bahasa Inggris. Calon peserta kuliah juga diharapkan memiliki keterampilan komputer tingkat dasar untuk bisa mengoperasikan browser internet, membuat presentasi dan makalah, dan mengakses fasilitas e-learning Ubaya.

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

  • Wilkins, Malcolm B., et al..(1984).Advanced Plant Physiology..ISBN 9780470206157.

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online