1804B024 Psikologi Persepsi

Mata kuliah ini memberikan pembekalan kepada mahasiswa mengenai proses untuk menerima dan memahami stimuli, serta menginterpretasikannya melalui indera yang dimiliki seseorang. Stimulasi yang dimaksud berupa audio-visual. Dalam Desain Komunikasi Visual, mata kuliah Psikologi Persepsi memiliki peran cukup penting. Dalam menyajikan sebuah karya komunikasi visual, seorang desainer harus dapat memilih elemen yang tepat agar dapat dipersepsikan secara universal dan memperoleh respon yang diharapkan dari audiens.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran pada mata kuliah ini mengacu pada Taksonomi Bloom, antara lain mahasiswa dapat memahami kaitan psikologi persepsi dalam desain komunikasi visual (C2), mahasiswa dapat memahami cara kerja audiens dalam mempersepsikan sebuah karya desain komunikasi visual (C2), dan mahasiswa dapat menerapkan ilmu-ilmu psikologi persepsi dalam karya desain komunikasi visual (C3).

Pengetahuan Awal

Tidak ada prasyarat untuk mengambil mata kuliah Psikologi Persepsi.

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

  • Foxall, Gordon, et al..(2018).Context and Cognition in Consumer Psychology..ISBN 978-1-138-77819-1.
  • Grondin, Simon, et al..(2016).Psychology of Perception..ISBN 978-3-319-31789-2.
  • Foxall, G. R., et al..(1980).Consumer Behaviour..ISBN 9780470269145.
  • Foxall, G. R., et al..(2018).Context and Cognition in Consumer Psychology..ISBN 9781138778207.
  • Elliot, Andrew J., et al..(2015).Handbook of Color Psychology..ISBN 978-1-107-04323-7.

Update: 2025-03-14 00:45:05 sesuai RPS Online