1702B5F6 Teknologi Pengolahan Pangan

-Matakuliah Teknologi Pengolahan Pangan merupakan matakuliah yang membantu mahasiswa mampu menerapkan berbagai teknik pengolahan pangan dalam berbagai kasus pengolahan produk-produk pangan. -Matakuliah ini penting karena mendukung mahasiswa dalam memahami konsep dasar teknologi pengolahan pangan serta, metode-metode advance yang berkembang di industri pangan. Sehingga nantinya mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep lanjut, temuan dan tren perkembangan terkini terkait biologi (bioteknologi) di bidang pangan sesuai profil lulusan program studi ini. -Bahan kajian dalam matakuliah ini adalah prinsip-prinsip dasar pengolahan pangan, proses pengolahan pada ambient temperature, pengolahan dengan menggunakan panas, pengolahan dengan menghilangkan panas, serta operasi-operasi pasca proses. -Matakuliah ini adalah matakuliah semester 5 dengan matakuliah Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen sebagai prasyarat matakuliahnya. -Matakuliah ini akan dilengkapi dengan fasilitas pembelajaran dengan kegiatan penugasan secara berkelompok dengan format diskusi dan presentasi serta memfasilitasi mahasiswa untuk melatih kemampuan komunikasi baik secara lisan (presentasi) dan tertulis.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menerapkan (C3) konsep teknologi pengolahan pangan dalam kehidupan sehari-hari, serta menggunakannya dalam penyelesaian studi kasus di industri pangan (P2) dan mendiskusikannya dalam bentuk diskusi kelompok dan presentasi (A2).

Pengetahuan Awal

Mahasiswa yang mengambil matakuliah ini disyaratkan sudah mengambil matakuliah Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen

Referensi Umum

  • Artikel Ilmiah(4205)
  • Buku, case (4204)
  • buku, video animasi(4202)
  • Fellows, P. J., Food Processing Technology: Principles and Practice. Third Edition. Woodheard Publishing Ltd. 2009. (4200)
  • Text book, handout, (4201)

Referensi Buku Pustaka

  • Clark, Stephanie, et al..(2014).Food Processing..ISBN 9781118846285.

Update: 2024-10-23 00:45:04 sesuai RPS Online