1702B6F2 Sanitasi dan Keamanan Pangan

-Mata kuliah ini menjelaskan tentang sistem sanitasi dan keamanan pangan di industri pengolahan pangan dan regulasi pangan (GMP, ISO, HACCP, dan SSOP) beserta Manajemen Halal. Mata kuliah ini penting untuk menunjang pengetahuan mahasiswa di bidang food plant sanitation dan pengetahuan luas tentang berbagai mikroorganisme yang berpengaruh terhadap sistem keamanan pangan industri. Mata kuliah sanitasi dan keamanan pangan mendukung pemahaman mahasiswa dalam bidang sistem sanitasi, kemanan pangan dan regulasi pangan. -Mata kuliah sanitasi dan keamanan pangan adalah mata kuliah semester 6 dengan Bahan kajian dalam matakuliah ini meliputi bahaya kontaminasi pangan, sistem sanitasi industri pangan, regulasi pangan dan sistem pengelolaan limbah industri pangan. Mikrobiologi pangan adalah prasayarat untuk mengambil mata kuliah ini.

Capaian Pembelajaran

Mampu menjelaskan definisi konsep keamanan pangan, mengingat, dan berdiskusi menyelesaikan kasus dalam kehidupan sehari-hari sesuai kaidah kemanan pangan dan prinsip sanitasi

Pengetahuan Awal

Mahasiswa yang mengambil matakuliah ini disyaratkan sudah mengambil matakuliah mikrobiologi pangan

Referensi Umum

  • Branch, P. 2006. Managing Food Safety : A Manual for the Voluntary Use of HACCP Principles for Operators of Food service & Retail Establishments. U.S. Department of Health and Human Service. Newyok()
  • Cramer, M.M.. 2006. Food Plant Sanitation : Design, Maintenance, & Good Manufacturing. CRC Press. Boca Raton London()

Referensi Buku Pustaka

  • Mortimore, Sara E., et al..(2015).HACCP..ISBN 1118427238.
  • Cramer, Michael M., et al..(2016).Food Plant Sanitation..ISBN 9781138198791.

Update: 2024-05-19 00:45:04 sesuai RPS Online