1802B104 Sustainability for Fashion

Mata kuliah ini memberikan mahasiswa wawasan dan pengertian tentang sustainable clothing dan pengaruhnya dalam fashion industry saat ini. Sustainable Fashion , atau yang bisa disebut dengan fesyen yang "˜berkelanjutan' , merupakan praktik dalam fesyen yang menjunjung tinggi nilai seluruh pihak yang terkait di dalam proses produksi hingga penjualannya, khususnya lingkungan (environmental) dan manusia (human). Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan diberikan pengertian mendalam tentang dampak industri fashion yang sangat besar, hingga bagaimana menciptakan dan merancang produk fashion yang dapat berkelanjutan dan responsible / memiliki tanggung jawab pada sesama manusia dan lingkungan. Mata kuliah ini menunjang capaian pembelajaran lulusan sebagai berikut : PP1 Menguasai konsep teoritis desain fesyen dan produk lifestyle, analisis dan sintesis data perancangan, serta prinsip dan aspek-aspek desain. PP2 Menguasai konsep teoritis secara umum manajemen pemasaran dan siklus hidup produk fesyen. KK1 Mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar, membaca serta meramalkan tren pengembangan fesyen dan produk lifestyle melalui riset pasar kualitatif dan kuantitatif dan menerjemahkannya menjadi konsep desain yang inovatif dengan memperhatikan aspek-aspek desain. KK7 Mampu menggunakan teknik, ketrampilan, dan peralatan terkini untuk praktek perancangan dan produksi fesyen dan produk lifestyle.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep teoritis dari sustainable dan responsible fashion (baik dari segi material maupun dari rantai pasok), mampu memahami impact dari industri fashion yang sangat besar terhadap kehidupan dan lingkungan, serta mampu melakukan riset material dan merancang produk yang mendukung fesyen yang sustainable dan bertanggung jawab. Capaian pembelajaran utama ini dipecah dalam beberapa kompetensi dasar mata kuliah, yaitu: KD 1 Mampu memahami konsep teoritis dasar dari Sustainable Fashion , termasuk background, production, dan siklus produknya. KD 2 Mampu memahami material-material dan teknik-teknik yang dapat digunakan untuk produk-produk yg menunjang sustainable fashion. KD 3 Mampu melakukan riset sederhana dan merancang produk yang responsible.

Pengetahuan Awal

Tidak Ada.

Referensi Umum

  • Hethorn, J., & Ulasewicz, C. (2015). Sustainable Fashion, What's Next? (2nd Ed.). New York, NY: Fairchild Books (5006)
  • Paulins, A., & Hillery, J. (2009) Ethics in the fashion industry. New York: Fairchild Publications. (5007)

Referensi Buku Pustaka

  • Hethorn, Janet, et al..(2015).Sustainable Fashion..ISBN 9781628925319.
  • Paulins, V. Ann, et al..(2020).Ethics in the Fashion Industry..ISBN 9781501342493.

Update: 2024-10-23 00:45:05 sesuai RPS Online