1701D4F3 Praktikum Biokimia

Mata kuliah ini akan mempraktekkan beberapa teori biokmia yang telah didapat pada pembelajaran sebelumnya. Beberapa hal terkait uji aktifitas enzim, penentuan gula reduksi, pembuatan buffer maupun penentuan konsentrasi enzim akan dilakukan pada matakuliah ini. Hal-hal terkait pengenalan sifat-sifat enzim ataupun protein pada umumnya, lemak dan karbohidrat telah diberikan pada matakuliah sebelumnya. Pada praktikum biokimia, mahasiswa akan memanfaatkan sifat-sifat beberapa senyawa kimia dari organisme untuk menguji keberadaan senyawa tersebut (kualitatif) dan menentukan konsentrasi senyawa tersebut (kuantitatif). Beberapa metode yang dipelajari pada matakuliah ini akan berguna pada matakuliah di tingkat yang lebih tinggi.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu menggunakan sifat-sifat senyawa dari organisme untuk kepentingan deteksi kualitatif dan kuantitatif senyawa tersebut. Mahasiswa juga akan mampu menggunakan teknik-teknik analisa yang akan banyak digunakan pada tahapan selanjutnya di matakuliah tingkat atas. Mahasiswa juga diharapkan memiliki kemampuan bekerja dalam tekanan ataupun bekerjasama dalam tim. Beberapa persoalan yang mungkin timbul selama pelaksanaan praktikum diharapkan mengasah daya kreatifitas mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Selanjutnya mahasiswa juga diharapkan mampu mnegkomunikasikan tingkat pemahaman materi yang telah dipelajari dalam bentuk diskusi pada saat pelaksanaan praktikum. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: 1. Mampu menggunakan sifat-sifat senyawa untuk menentukan keberadaan senyawa tersebut. 2. Mampu menggunakan sifat-sifat senyawa untuk menentukan konsentrasi senyawa tersebut. 3. Mampu mengkarakterisasi senyawa-senyawa organik asal organisme (senyawa biokimia) seperti enzim dan melakukan persiapan keperluan karakterisasi

Pengetahuan Awal

Biokimia

Referensi Umum

  • Laboratory Manual on Biochemistry. - Nizhny Novgorod: Publishing House of Nizhny Novgorod State Medical Academy, 2008()
  • Shrad Vats, A laboratory Textbook of Biochemistry, Molecular Biology and Microbiology, 2014 ()

Referensi Buku Pustaka

  • Lasseter, Benjamin F., et al..(2019).Biochemistry in the Lab..ISBN 1138589926.

Update: 2024-04-29 00:45:04 sesuai RPS Online