1702B4F1 Analisa Pangan

Mata kuliah Analisa Pangan bermaksud memberi bekal pemahaman kepada mahasiswa mengenai air dalam bahan pangan, abu dan mineral, karbohidrat, lipid, protein pangan, warna bahan pangan, sifat teologi pangan cair & padat dan viskositas. Mata kuliah juga memberi bekal pemahaman kepada mahasiswa mengenai metode analisis air, abu dan mineral, karbohidrat, lipid, protein pangan, warna bahan pangan, sifat reologi pangan cair & padat dan viskositas.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa akan mampu menguasai konsep analisis komponen bahan pangan , serta mampu menguasai konsep konsep lanjut, temuan dan tren perkembangan terkini terkait analisa pangan. Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: 1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan air dalam bahan pangan, analisis kadar air dengan metode langsung dan tidak langsung 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan mineral dalam bahan pangan, dan analisis kadar abu dan mineral 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan protein dalam bahan pangan, menetapan kandungan protein bahan pangan dan analisis sifat fungsional protein 4. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan karbohidrat dalam bahan pangan, dan menetapkan karbohidrat yang dapat dicerna dan yang tidak dapat dicerna 5. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan lipid bahan pangan, analisis kadar lipid dalam bahan pangan , analisis sifat fisiko-kimia lemak dan minyak dalam bahan pangan serta analisis komposisi asam lemak penyusun lemak/ minyak dengan kromatografi gas. 6. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan warna pada bahan pangan, sistem notasi warna dan metode analisis warna bahan pangan 7. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan sifat reologi bahan pangan padat, semi padat dan viskoelastik, pengukuran sifat reologi pangan padat serta pengukuran bahan dan produk pangan bersifat viskoelastik

Pengetahuan Awal

Saat mengambil matakuliah ini, mahasiswa diharapkan pernah mengambil mata kiliah kimia analitik

Referensi Umum

  • Suzanne. 2014.Food Analysis.Springer()
  • Umar Santoso , Widiastuti Setyaningsih , Andriati Ningrum , Aulia Ardhi , Sudarmanto. Analisis Pangan. UGM press. Yogyakarta()

Referensi Buku Pustaka

  • Nielsen, Suzanne, et al..(2012).Food Analysis..ISBN 9781461425892.
  • Santoso, Umar, et al..(2021).Analisis Pangan..ISBN 978-602-386-338-9.

Update: 2024-05-19 00:45:04 sesuai RPS Online