1307Y06B Pengembangan Bisnis Ramping
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa agar dapat mengembangkan bisnis ramping (Lean Business) berdasarkan permasalahan yang dihadapi kelompok target pasar yang dituju. Hasil akhir dari mata kuliah ini berupa laporan pengembangan bisnis ramping dan purwarupa dalam bentuk MVP (Minimum Viable Product) yang tervalidasi. Sehingga seorang akuntan memiliki wawasan yang holistik di dalam memandang sebuah proses bisnis yang pada akhirnya akan menjadi angka-angka di dalam laporan keuangan.
Capaian Pembelajaran
Umum : 1. Berpikir kritis di dalam menemukan permasalahan terkait di dalam masyarakat bisnis dan industri (S4). 2. Menguasai pengetahuan bisnis umum yang relevan dengan akuntansi (PP3). 3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU4). 4. Memiliki keterampilan dalam merancang solusi yang inovatif di bidang akuntansi dengan pendekatan holistic konstruktif (KK3). Spesifik MK : 1. Mampu mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh target pasar melalui metode survei, observasi dan wawancara. 2. Mampu merancang solusi dari permasalahan yang teridentifikasi. 3. Mampu melakukan validasi terhadap solusi yang dibuat. 4. Mampu menciptakan purwarupa dari solusi yang tervalidasi serta merancang model bisnis. 5. Mampu melakukan pengukuran kinerja dari purwarupa yang dibuat.
Pengetahuan Awal
-
Referensi Umum
- Blank, Steve 2012, Owner’s Startup Manual, K&S Ranch(4728)
- Hansen & Mowen, 2011, Management Accounting, South Western Publishing(4729)
- Kotler, Philip dan K.L. Keller, 2012, Marketing Management, 14th edition, Pearson Education(4730)
- Osterwalder, Alexander & Iyes Pigneur 2010, Business Model Generation, John Wiley & Sons(4731)
- Osterwalder, Alexander, Yves Pigneur, Gregory Bernarda, Trish Papadakos, Alan Smith, 2014. Value Proposition Design, Wiley(4732)
- Ries, Erick. 2011. Lean Startup. Bentang Pustaka(4733)
- Scarborough, Norman M. dan Thomas W. Zimmerer 2003, Effective Small Business Management: An Entrepreneurial Approach, 7th edition, Prentice Hall(4734)
- Soeherman, Bonnie 2016, Exist or Extinct, Elex Media Komputindo(4735)