1701D0T1 Perbanyakan dan konservasi tanaman

Capaian pembelajaran program studi yang dibebankan pada mata kuliah ini meliputi Hard skill: Menguasai konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi pengetahuan biologi lingkungan hayati, dan sumberdaya hayati dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya (C2) sesuai dengan CP Prodi bidang Penguasaan Pengetahuan. Mahasiswa mampu mengkorelasikan (C4) ilmu yang diperoleh pada topik perkuliahan satu dengan yang lain dan dapat menyebutkan (C1) contohnya.Ini sesuai dengan CP Prodi bidang Keterampilan Khusus. Soft skill: Mendiskusikan topik perkuliahan dengan memperhatikan etika dan norma berbicara di lingkungan formal (A2), sejalan dengan CP Prodi bidang Sikap. Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah iptek di bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati melalui prinsip-prinsip bioteknologi dalam pengorganisasian, sistematika, memprediksi, menganalisis data, informasi dan bahan hayati serta memodulasi struktur dan fungsi sel, sesuai dengan CP Prodi bidang Keterampilan Khusus. Mata kuliah ini penting karena merupakan mata kuliah yang mendukung tercapainya pemahaman pada bidang peminatan Bioteknologi Tanaman. Selain itu mata kuliah ini juga searah dengan CP Fakultas Teknobiologi Ubaya. Ringkasan bahan kajian Matakuliah ini merupakan mata kuliah yang menjelaskan tentang berbagai macam teknik perbanyakan tanaman secara generatif dan vegetatif serta peranannya dalam konservasi tumbuhan. Posisi mata kuliah Mata kuliah ini ada di semester VI, dapat ditempuh apabila mahasiswa telah mengambil mata kuliah Biologi Dasar, Biologi Sel, Anatomi&Morfologi Tumbuhan, Fisiologi Tumbuhan, dan Kultur Jaringan Tanaman. Mata kuliah ini mendukung pemahaman mahasiswa yang berencana untuk mengambil bidang minat Bioteknologi Tanaman.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran (CP) atau standar kompetensi mata kuliah: mahasiswa mampu menguasai (C2) konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi pengetahuan biologi lingkungan hayati, dan sumberdaya hayati dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya, mengkorelasikan (C4) ilmu yang diperoleh pada topik perkuliahan satu dengan yang lain dan dapat menyebutkan (C1) contohnya, mendiskusikan (A2) topik perkuliahan dengan memperhatikan etika dan norma berbicara di lingkungan formal, mengidentifikasi masalah iptek di bidang pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hayati melalui prinsip-prinsip bioteknologi dalam pengorganisasian, sistematika, memprediksi, menganalisis data, informasi dan bahan hayati serta memodulasi struktur dan fungsi sel. Kemampuan akhir atau kompetensi dasar Mahasiswa mampu menyebutkan metode perbanyakan secara vegetatif dan generatif, mempraktekkan berbagai metode perbanyakan vegetatif dan generatif buatan, serta memanfaatkan metode tersebut untuk upaya konservasi terhadap tumbuhan. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat mengaitkan sub topik mata kuliah satu dengan yang lain sehingga memiliki pemahaman yang utuh mengenai teknik-teknik perbanyakan tanaman dan upaya untuk konservasi tanaman. Mahasiswa juga diharapkan mampu berkomunikasi dua arah dengan dosen maupun dengan rekan sejawat dengan memperhatikan etika dan norma berbicara di lingkungan formal.

Pengetahuan Awal

Tidak ada

Referensi Umum

Referensi Buku Pustaka

  • Hartmann, Hudson Thomas, et al..(2013).Hartmann and Kester's Plant Propagation: Pearson New International Edition..ISBN 9781292020884.

Update: 2025-03-14 00:45:04 sesuai RPS Online