1801B046 Digital Marketing
Produk yang telah di desain dengan mengacu permintaan pasar, tentunya harus melewati proses pemasaran yang baik agar produk bisa sampai ke calon konsumen. Ilmu manajemen pemasaran memberikan teori perencanaan, organisasi, aktualisasi dan kontrol dari peluncuran produk baru. Mata kuliah manajemen pemasaran memberikan teori konsep teoritis dasar mengenai peran strategik marketing pada badan usaha dan elemen – elemen kunci pada proses analisa marketing dalam usaha merancang perencanaan marketing. Capaian pembelajaran program yang sesuai untuk mata kuliah ini adalah: - Menguasai prinsip-prinsip ekonomi dan analisis biaya (PP4) - Mampu mengidentifikasi kebutuhan pasar, membaca serta meramalkan tren pengembangan fesyen dan produk lifestyle melalui riset pasar kualitatif dan kuantitatif dan menerjemahkannya menjadi konsep desain yang inovatif dengan memperhatikan aspek-aspek desain. (KK1) - Mampu merancang dan melaksanakan upaya pemasaran, meliputi perancangan strategic launch planning; mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi launching produk; market testing; sekaligus mampu menyusun siklus hidup fesyen dan produk lifestyle serta melakukan upaya-upaya untuk menjaga keberlanjutan produk di pasar (KK5)
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah: Mahasiswa memahami konsep teoritis dasar mengenai peran strategik marketing pada badan usaha dan menerapkan elemen – elemen kunci pada proses analisa marketing dalam usaha merancang perencanaan marketing. Capaian pembelajaran utama ini dipecah dalam beberapa kompetensi dasar mata kuliah, yaitu: A. Mampu memahami konsep dasar pemasaran serta perkembangannya di era digital B. Mampu menganalisa kondisi lingkungan ekonomi dan potensi pasar dengan marketing analysis tools C. Mampu merancang strategi pemasaran berdasarkan hasil analisa lingkungan ekonomi dan pasar dengan memanfaatkan teknologi digital. D. Mampu mengevaluasi hasil perancangan strategi dari sudut pandang ekonomi serta merancang strategi pemasaran berikutnya.
Pengetahuan Awal
Tidak Ada
Referensi Umum
- Dodson, I. (2016). The Art of Digital Marketing: The Definitive Guide to Creating Strategic, Targeted, and Measurable Online Campaigns. John Wiley & Sons.(5012)
- Holiday, R. (2014). Growth hacker marketing: a primer on the future of PR, marketing, and advertising. Penguin.(5013)
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management 15th Edition Pearson Education Ltd.(5010)
- Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2016). Marketing 4.0: Moving from traditional to digital. John Wiley & Sons.(5011)