1801B061 Sustainable Design
Mata Kuliah ini membahas tentang Desain Produk yang memiliki tema besar Manajemen Produk sehingga mahasiswa tidak hanya mampu mendesain produk tetapi juga mampu membuat media promosi yang mendukung penjualan produk yang telah di desain. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah akhir yang dicapai oleh mahasiswa dalam runtutan Desain Produk I-III sebagai syarat untuk mengambil mata kuliah ini, sehingga untuk mengambil mata kuliah Desain Produk IV mahasiswa sudah dibekali oleh teori-teori yang terkait dengan Aspek Desain (aspek fungsi, estetika, semantika, ergonomi, rekayasa, sosial budaya, material) dan kemampuan pendukung untuk membuat sebuah produk hingga menjadi sebuah prototype dan didukung oleh media promosi dan exhibition untuk memasarkan produk yang telah dibuat. Mata kuliah ini harus memberikan kemanfaatan pada kota/kampung/komunitas/masyarakat/pelaku bisnis kecil (real project), contoh : pekerjaan tertentu yang spesifik, product for disable/kids/elderly/meternity, workstation/furniture, alat transport ringan.
Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran mata kuliah dapat dipecah menjadi beberapa kompetensi dasar (kemampuan akhir yang diharapkan), yaitu: CP 1. Mampu menganalisis interaksi masyarakat dan produk eksisting, untuk dapat menemukan inovasi produk. CP 2. Mamahami berbagai metodologi desain dan dapat memilih sesuai dengan proses desain produk yang akan dikerjakan. CP 3. Mamahami konsep desain untuk diaplikasikan dalam proses desain produk yang ditunjang dengan aspek desain. CP 10. Mampu mempresentasikan proses desain dan manajemen produk, dalam bentuk laporan desain dan visualisasi produk. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah Sustainable Design yang merupakan perancangan produk dengan mengaplikasikan sustainability yang dapat mendukung mata kuliah lain, sehingga Capaian akhir yang diharapkan merupakan Capaian Program Studi. Proses Pembelajaran dalam matakuliah : Pembelajaran Berbasis-Proyek (Project-based Learning) dengan berbagai variasi metode penyampaian/ pencapaian yang aktif-partisipatif lain-lain seperti: Reciprocal Learning, FGD, Role playing, Case Study, Portofolio making, Design Reporting
Pengetahuan Awal
Tidak ada
Referensi Umum
- Benyus, Janine. 2002. Biomimicry, Innovation Inspired by nature. Herper Perennial(5263)
- Carson, Rachel. 2002. Silent Spring. Houghton Miffline Company (5264)
- Fuad-Luke, 2002, Eco Design, The Sourcebook, Chronicle Books(5261)
- Larasati, Tita. 2010. Slide Industrial design & sustainability. Despro ITB(5265)
- Papanek, Victor, 1971, Design for the real world, Pantheon Books(5262)
- R. Bacon, Life Cycle Assessment: Principles and Practice, Scientific Applications International Corporation (SAIC), Ohio, 2006.(5266)