1801B022 Rupa Dasar II

Mata kuliah ini merupakan dasar dari proses mendesain. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari unsur-unsur desain yang juga disebut sebagai unsur rupa yang terdiri dari titik, garis, bidang, ruang, warna, dan tekstur. Selain itu, pada Rupa Dasar II, mahasiswa juga akan mempelajari prinsip-prinsip dalam mendesain dan menata unsur rupa, di antara dengan memperhatikan kesatuan bentuk, harmony bentuk, ragam perubahan bentuk, teori kombinasi warna, aksentuasi, dominasi, proporsi, balance, arah, gerak, dan irama. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman teknik dalam pembuatan dan penataan unsur rupa yang difokuskan pada bentuk 3 dimensi (Trimatra) Media yang digunakan dalam mata kuliah adalah dengan menggunakan berbagai macam material sederhana di mana proses pengolahan dan pembentukannya dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembuatan produk di mata kuliah Desain Produk 1. Material yang umumnya digunakan terdiri dari material batang, lembaran, dan bangun ruang solid. Untuk material batang dapat menggunakan batang kayu balsa, tusuk gigi, pipa plastik, dan material lainnya. Untuk material lembaran dapat menggunakan kertas, kain, aluminium lembaran, kayu balsa lembaran, dan kaca tipis. Untuk material bangun ruang solid dapat menggunakan clay dan gypsum. Selain itu, dalam mata kuliah ini juga terdapat pengembangan soft skill dalam manajemen diri karena terdapat tugas mingguan, tugas besar, dan kelas mandiri bersama asisten. Dalam proses belajar mengajar juga akan dikembangkan soft skill bekerja sama dalam tim terkait tugas kelompok. Dalam kegiatan mempresentasikan tugas akan mengembangkan soft skill mahasiswa dalam kemampuan berkomunikasi, serta meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah penunjang Desain Produk I, Desain Produk II, Desain Produk III, Desain Produk IV, Desain Grafis, Branding Strategy, Advertising, Riset Desain, dan Tugas Akhir.

Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran lulusan yang diharapkan dari mata kuliah ini adalah : CP 3 : Memahami konsep desain untuk diaplikasikan dalam proses desain produk yang ditunjang dengan aspek desain. (C) Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah penunjang untuk menunjang mata kuliah Desain Produk, Kerja Praktek, Riset Desain, dan Tugas Akhir. Capaian akhir yang diharapkan adalah mahasiswa dapat mengaplikasikan unsur dan prinsip nirmana untuk membuat suatu karya visual yang komprehensif Adapun kebutuhan tersebut dijabarkan dalam Kompetensi Dasar (KD) sebagai berikut : ● Mahasiswa mampu memahami fungsi dan menggunakan unsur rupa dalam membuat karya 3 dimensi (C1) ● Mahasiswa mampu memahami fungsi dan menggunakan prinsip rupa dalam membuat karya 3 dimensi (C2) Proses pembelajaran dalam mata kuliah : ● Fokus dalam pembelajaran ini adalah Project Based Learning. Metode penyampaian yang digunakan adalah dengan menggunakan case study.

Pengetahuan Awal

Prasyarat untuk mengambil Mata Kuliah Rupa Dasar II adalah harus lulus Mata Kuliah Rupa Dasar I dengan nilai minimal D.

Referensi Umum

  • Irawan, B., Tamara, P. 2013. Dasar-Dasar Desain. Jakarta : Griya Kreasi.(5293)
  • Nieke Handrawati dan Sugiono Ardjaka. 1991. Desain Terapan. Malang : Universitas Negeri Malang (UM).(5290)
  • Sachari, A. 1987. Seni, Desain dan Teknologi, Volume 2. Bandung : Penerbit Pustaka.(5291)
  • Wilde, R. 1986. Problem Solution (Visual Thinking for Graphic Communication). New York : Van Nostrand Reinhold Company.(5292)
  • Wong, W. B. 1986. Beberapa Azas Merancang Dwi Matra. Bandung : Penerbit ITB Bandung.(5289)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2025-03-14 00:45:05 sesuai RPS Online