1607C09D Business Communication

Matakuliah ini merupakan mata kuliah pilihan dari Laboratorium SIB. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa lebih banyak mempraktekkan kegiatan komunikasi dalam berbisnis. Praktik yang dilakukan disesuaikan dengan permasalah yang nanti dihadapi ketika mahasiswa memasuki dunia kerja. Adapun praktek yang dilakukan dalam mata kuliah ini seperti wawancara bisnis, strategi negosiasi, presentasi bisnis, membuat surat perjanjian kerja, dll. Namun pada awal mata kuliah ini, mahasiswa dibekali pemahaman terkait komunikasi dasar seperti proses komunikasi, komunikasi interpersonal, gaya komunikasi dan teknik persuasif. Mahasiswa diharapkan mampu mengoptimalkan kemampuan komunikasi untuk penyampaikan pesan, gagasan dan ide saat berada di dunia kerja. Dengan demikian, mahasiswa memiliki nilai tambah dalam kemampuan softskillnya. Kemampuan lisan maupun tulisan ini menjadi dasar mahasiswa ketika menghadapi tugas akhir, memasuki ke dunia kerja, serta berkarya dan meningkatkan profesionalisme kerja. Untuk itu mata kuliah ini merangsang mahasiswa berkomunikasi lebih baik lagi.

Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa mampu memahami implementasi komunikasi lisan dan tulisan ketika memasuki dunia bisnis. Mahasiswa juga memiliki kemampuan untuk memahami audience sebelum menyampaikna ide atau gagasannya dalam ruang lingkup bisnis ataupun public. Mahasiswa diharapkan : • Mampu menjual ide kreatif • Mampu mempromosikan dirinya saat ke dunia kerja • Mampu berbicara di depan publik menyampaikan gagasan secara terstruktur. • Mampu bernegosiasi • Mampu melakukan komunikasi tulis dengan baik

Pengetahuan Awal

Referensi Umum

  • Curtis, Dan B., dkk., 1996. Komunikasi Bisnis dan Profesional, terjemahan dalam Bahasa Indonesia, Jakarta: Penerbit Rosda Jayaputra.(4805)
  • Dewi, Sutrisna. 2006. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.(4806)
  • Guffey, Mary Ellen., dkk. 2006. Business Communication (Komunikasi Bisnis: Proses & Produk). Jakarta: Salemba Empat.(4807)
  • Machfoedz, Mas’ud. 2005. Komunikasi Bisnis Modern untuk Mahasiswa dan Profesi. Yogyakarta: BPFE.(4808)
  • Purnomolastu, dkk. 2014. Negosiasi Bisnis Berkarakter Lintas Budaya. Sido-arjo: Brilian Internasional.(4809)
  • Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta: Penerbit Erlangga.(4810)
  • Tannen, Deborah. 1996. Seni Komunikasi Efektif: Membangun Relasi dengan Membina Gaya Percakapan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.(4811)

Referensi Buku Pustaka

    Update: 2025-05-10 00:45:05 sesuai RPS Online